Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Apa Singkatan Dari ASEAN? Jawabannya Disini

"Apa Singkatan Dari ASEAN?", pertanyaan seperti itu atau yang semisal dengannya merupakan pertanyaan yang lumrah disampaikan didalam kelas ketika mempelajari materi Asia Tenggara dalam mata pelajaran Geografi atau Ilmu Pengetahuan Umum. Dan tulisan kali ini akan membedah seputar singkatan dari ASEAN serta penjelasan singkatnya, langsung saja simak ulasannya yang berikut.

Singkatan Dari ASEAN
Sumber : https://www.flickr.com/photos/28888122@N07/3291973999

Singkatan dari ASEAN

Penjelasan Mengenai Singkatan dari ASEAN

Sebelum membahas mengenai akronim dari ASEAN ada baiknya kita membahas mengenai ASEAN itu sendiri. ASEAN merupakan sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara yang berada dikawasan Asia bagian tenggara. Organisasi ini berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 atas dasar Deklarasi Bangkok yang disetujui oleh lima tokoh pendirinya dari negara yang berbeda-beda.

Perlu kamu ketahui bahwa ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara. ASEAN ini memiliki nama lain yaitu PERBARA yang merupakan singkatan dari Perkumpulan Negara-negara Asia Tengara. Walaupun katanya berbeda, ASEAN dan PERBARA memiliki makna yang sama.

Jadi, Apa Singkatan dari ASEAN Itu?
Association of Southeast Asian Nations
Baca Juga : Peran ASEAN Bagi Indonesia 

Mengenal Nama-nama Negara Anggota ASEAN

  1. Indonesia, salah satu negera pendiri ASEAN ini beribukota di Kota Jakarta. Negara ini memiliki luas wilayah hampir dua juta km persegi dengan jumlah penduduk lebih dari seperempat milyar orang. Wow banget!
  2. Malaysia, negara tetangga Indonesia ini memiliki ibukota negara di Kota Kuala Lumpur. Luas wilayahnya sekitar sepertiga juta kilometer persegi dengan total penduduk lebih dari 3 juta orang.
  3. Thailand, ini merupakan negara tempat dideklarasikannya organisasi ASEAN dengan ibukotanya di Kota Bangkok. Total wilayahnya sekitar setengah juta kilometer dan total penduduk mencapai lebih dari 67 juta jiwa.
  4. Filipina, ini juga merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang memiliki ibukota di Kota Manila. Jumlah penduduknya cukup padat yaitu lebih dari 100 juta jiwa yang mendiami wilayah seluas 0,3 juta kilometer persegi.
  5. Singapura, negara yang berada disebelah utara Indonesia ini memiliki ibukota negara di Kota Singapura. Salah satu negara terkecil di Asia Tenggara ini memiliki total penduduk sekitar 5,5 juta jiwa.
  6. Brunei Darussalam, negara ini juga merupakan salah satu negara kecil di Asia Tenggara, ibukotanya adalah Bandar Seri Begawan. Luas wilayahnya kurang dari 6 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk 425 ribu jiwa.
  7. Vietnam, salah satu negara Asia Tenggara ini memiliki ibukota negara di Kota Hanoi. Negara yang merdeka dari tangan Prancis ini memiliki luas wilayah hampir 1/3 juta kilometer persegi dan penduduknya 100 juta jiwa.
  8. Laos, salah satu negara Asia Tenggara yang merdeka dari tangan Prancis ini beribukota di Kota Vientiane. Jumlah penduduknya hampir 7 juta jiwa yang mendiami wilayah seluas 237 ribu kilometer persegi.
  9. Myanmar, negara Asia Tenggara yang berbatasan dengan wilayah Asia Selatan ini memiliki ibukota negara di Kota Naypyidaw. Penduduknya mencapai 55 juta jiwa dan luas wilayah 2/3 juta kilometer persegi.
  10. Kamboja, salah satu negara jajahan Prancis yang merupakan anggota ASEAN ini memiliki ibukota di Phnom Phen. Jumlah penduduk Kamboja lebih dari 15 juta dengan luas wilayah 181 ribu kilometer persegi.
Artikel Lainnya : Kepanjangan ASEAN

Nah Sudah Tahu Kan Singkatan Dari ASEAN

Nah itulah penjelasan singkat mengenai singkatan dari ASEAN beserta uraian mengenai nama-nama negara anggota ASEAN. Informasi ini tentunya penting bagi kamu yang sedang mempelajari materi Asia Tenggara pada mata pelajaran Geografi atau Ilmu Pengetahuan Umum. Kami berharap semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada kalian semua dan terima kasih atas kunjungannya.

2 komentar: