Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Mengenali Manfaat ASEAN Bagi Indonesia

Manfaat ASEAN bagi Indonesia tentunya ada banyak dan berbeda-beda jika dilihat dari berbagai macam sudut, ini tentu yang menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa Indonesia menjadi salah satu negara pendiri dan juga anggota ASEAN. Dan tulisan ini akan membahas secara singkat namun padat mengenai manfaat ASEAN bagi Indonesia, langsung saja simak ulasannya berikut:

Source : https://www.flickr.com/photos/aseansecretariat/sets/72157648821205317/

Manfaat ASEAN Bagi Indonesia

Inilah Berbagai Manfaat ASEAN Bagi Indonesia

Keberadaan ASEAN bagi Indonesia tentunya memberikan dampak positif bagi negara itu sendiri, oleh sebab itu sejak berdirinya Indonesia tidak pernah lepas atau keluar dari ASEAN, hal ini berbeda dengan keberadaan Indonesia di PBB dimana Indonesia pernah keluar dari keanggotaan PBB. Dan inilah tulisan yang akan membahas mengenai manfaat ASEAN bagi Indonesia, silahkan disimak:
  • Bidang Ekonomi
Keberadaan Indonesia dalam ASEAN memberikan dampak positif bagi negara ini, salah satunya dari sektor ekonomi. Terjadinya hubungan perdagangan (ekspor dan impor) antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN lainnya. Selain itu Indonesia juga mendapatkan modal atau dana investasi dari negara-negara ASEAN lainnya yang digunakan sebagai dana untuk pembangunan dinegara ini.

Baca Juga : Kepanjangan dari ASEAN
  • Bidang Politik
Dalam bidang politik, negara-negara dikawasan Asia Tenggara mengakui kedaulatan negara Indonesia serta tidak berani dalam melakukan intervensi politik kepada negara ini. Dengan adanya hal ini maka ancaman yang datang kepada Indonesia bisa ditekan atau diminimalisir. Negara-negara ASEAN lainnya juga mengakui dan menghormati sistem politik dalam dan luar negeri Indonesia.
  • Bidang Sosial
Tentunya Indonesia juga mendapatkan manfaat dari keberadaannya sebagai salah satu anggota ASEAN misalnya saja dalam bidang sosial. Masih ingat kejadian Tsunami Aceh 2004? Pada saat itu beberapa negara ASEAN memberikan bantuan kepada Indonesia baik itu berupa moril maupun materil. Selain itu banyak kejadian-kejadian di Indonesia yang dibantu oleh negara-negara ASEAN lainnya.
  • Bidang Budaya
Dalam bidang kebudayaan tentunya ada juga manfaat dari ASEAN kepada Indonesia. Pertukaran pelajar merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat kehadiran ASEAN bagi Indonesia, banyak pelajar-pelajar Indonesia yang menuntut ilmu dinegara-negara tetangga. Selain itu juga ada pementasan kesenian-kesenian atau kebudayaan-kebudayaan Indonesia dinegara-negara Asia Tenggara.

Baca Juga : Tanggal Berdirinya ASEAN

Kamu Tahu Manfaat ASEAN untuk Indonesia Lainnya?

Nah itulah penjelasan singkat mengenai manfaat ASEAN bagi Indonesia yang dinilai dari berbagai macam bidang seperti bidang ekonomi, bidang politik, bidang sosial dan bidang kebudayaan. Kita tentunya berharap semoga manfaat ini bisa dioptimalkan oleh Indonesia yang akhirnya bermuara pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

0 komentar:

Posting Komentar