Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

10 Binatang Buas Dengan gigitan Paling Mematikan di Dunia

Tulisan yang satu ini akan memaparkan mengenai 10 binatang buas dengan gigitan paling mematikan didunia. Tentunya sudah tidak terhidung lagi berapa korban jiwa dari kalangan manusia yang mati akibat digigit binatang-binatang ini. Perhitungan pemeringkatannya berdasarkan satuan PSI atau tekanan gigitan dari binatang liar tersebut. Dan inilah daftar nama-nama binatang buas dengan gigitan paling mematikan didunia, silahkan disimak infonya:

Source : https://www.flickr.com/photos/windy/153814837

Binatang Buas Paling Mematikan

10 Binatang Buas Dengan Gigitan Paling Mematikan

1. Buaya Nil (5000 psi)

Urutan pertama adalah buaya nil, binatang yang masuk kedalam kelas reptilia ini memiliki habitat asli dibeberapa wilayah di Benua Afrika. Beberapa sumber menyebutkan bahwa gigitan buaya nil mencapai tekanan 5000 psi, lebih besar ketimbang dengan tekanan gigitan dari buaya yang hidup diperairan yang asin. Pada umumnya binatang ini memakan ikan, namun terkadang juga memakan hewan apapun yang melintasi sungai yang ditempatinya termasuk juga zebra, burung-burung, kuda nil (kecil) dan hewan-hewan lainnya.

2. Buaya Air Asin (3700 psi)

Kemudian ada buaya air asin yang memiliki habitat dibeberapa wilayah didunia ini seperti dibagian timur negara India hingga beberapa wilayah diwilayah Asia Tenggara. Monster ini juga bisa ditemukan dibeberapa tempat dibenua Australia khususnya Australia bagian utara. National Geographic mengemukakan bahwa gigitan buaya air asin bisa mencapai 3700 psi, dan itu yang diteliti adalah buaya-buaya air asin yang kecil, jikalau yang diukur buaya air asin yang lebih besar mungkin tekanannya lebih besar lagi. Buaya air asin ini memakan apa saja yang ada disekitarnya, mulai dari kerbau sampai ikan, bahkan hiu pun bisa dimakannya.

3. Aligator Amerika (2125 psi)

Aligator Amerika merupakan salah satu binatang buas dengan gigitan paling mematikan didunia ini. Perlu diketahui bahwa binatang yang satu ini memiliki gigitan dengan tekanan 2125 psi, ini merupakan peringkat ke-3 setelah buaya nil dan buaya air asin. Kamu juga perlu tahu bahwa buaya dan aligator itu berbeda, walaupun ada persamaannya namun keduanya berbeda misalnya dari taksonomi, habitat, perilaku, dan hal-hal lainnya. Binatang ini merupakan endemik diwilayah Amerika bagian tenggara seperti Florida, Texas, Lousiana, North dan South Carolina, Georgia dan Alabama. Hewan ini memakan apapun termasuk kepiting.

4. Jaguar (2000 psi)

Untuk kelas mamalia, hewan paling mematikan dalam hal gigitan adalah Jaguar dengan kekuatan tekanan gigitannya yang mencapai 2000psi. Mungkin seharusnya Jaguar yang mendapatkan gelar "Raja Hutan", hewan ini bisa kta temukan diwilayah Benua Amerika mulai dari wilayah bagian utara di Meksiko hingga kedaerah selatan diwilayah Argentina. Tentunya binatang yang satu ini juga bisa kita temukan didaerah lainnya seperti Asia dan juga Afrika, namun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan yang ada di Benua Amerika. Jaguar bisa memakan hewan (berdaging) yang ada disekitarnya termasuk kura-kura dalam cangkangnya.

5. Kuda Nil (1821 psi)

Hewan lainnya yang memiliki tekanan besar dalam menggigit adalah Kuda Nil, kekuatan tekanannya dalam hal menggigit bisa mencapai angka 1821 psi. Perlu diketahui bahwa Kuda Nil bukanlah hewan pemakan daging, namun hewan ini adalah pemakan tumbuh-tumbuhan. Oleh sebab itu, banyak yang mengatakan bahwa Kuda Nil merupakan hewan herbivora paling kuat didunia ini. Hal ini juga yang menjadikan Kuda Nil sebagai salah satu hewan yang paling ditakuti didunia khususnya untuk wilayah Afrika. Perlu diperhatikan juga bahwa penelitian ini hanya dilakukan untuk Kuda Nil Perempuannya saja sedangkan Kuda Nil laki-lakinya terlalu agresif sehingga tidak diukur tekanan gigitannya, kemungkinan lebih besar.

6. Gorila (1300 psi)

Binatang buas dengan gigitan paling mematikan didunia ini adalah Gorila, penelitian menunjukan bahwa seekor Gorila bisa menggigit sesuatu dengan tekanan yang mencapai 1300 psi. Hal ini bisa Gorila lakukan karena memiliki gigi taring yang sangat kuat dan juga otot leher yang juga sangat kuat. Gorila merupakan hewan yang digolongkan kedalam kategori omnivora, artinya hewan ini adalah pemakan segalanya baik itu tumbuh-tumbuhan maupun hewan. Tumbuh-tumbuhannya seperti bambu dan sayur-sayuran sedangkan untuk hewannya misalnya Serangga. Gorila banyak didaerah Afrika, jumlahnya sekitar 50.000 ekor.

7. Beruang Grizli (1200 psi)

Salah satu hewan liar yang paling mematikan karena gigitannya adalah Beruang Grizly, hewan ini memiliki tekanan untuk menggigit hingga mencapai 1200 psi bahkan lebih. Beruang Grizli berbeda dengan beruang-beruang lainnya karena ukuran gan agresifitasnya, ukurannya sangat besar dan bisa mencapai berat 300 - 500 kilogram, sedangkan untuk agresifitasnya hewan ini bisa berlari hingga 56 kilometer per jam. Pada dasarnya hewan ini adalah omnivor atau pemakan segalanya, tumbuh-tumbuhan yang dimakan misalnya beri-berian atau kacang-kacangan. Namun kita sering melihatnya sebagai binatang yang memakan ikan.

8. Hyena (1100 psi)

Hyena merupakan salah satu hewan yang paling mematikan karena gigitannya, tekanan gigitannya bisa mencapai 1100 psi, bahkan ada sumber lain yang menyebutkan lebih dari itu. Ketahuilah bahwa Hyena merupkaan salah satu hewan yang memiliki gigitan paling kuat didalam kingdom animalia, hewan ini bisa mencabik-cabik hingga kedalam tulang hewan buruannya. Hyena banyak ditemukan diwilayah Afrika khususnya dinegara-negara yang masuk dalam regional Afrika bagian Tengah. Hyena mencari mangsa dengan cara berburu (biasanya 2-5 Hyena) dan biasanya memakan hewan-hewan seperti zebra, rusa, jerapah dll.

9. Harimau (1050 psi)

Binatang buas lainnya yang masuk dalam kategori binatang dengan gigitan paling mematikan didunia adalah Harimau, binatang ini memiliki kukuatan tekanan dalam hal menggigit yang mencapai angka 1050 psi. Perlu diketahui bahwa Harimau merupakan binatang terbesar dalam keluarga kucing-kucingan, panjang tubuhnya bisa mencapai 3,3 meter dan berat tubuhnya bisa mencapai 150 kilogram. Berbeda dengan Hyena yang telah dijelaskan sebelumnya, Harimau berburu dengan sendiri (tidak berkelompok). Binatang yang satu ini banyak ditemukan diwilayah Benua Asia, termasuk Indonesia yang memiliki berbagai jenis Harimau.

10. Singa (600 psi)

Hewan lainnya yang masuk dalam kategoti hewan buas dengan gigitan paling mematikan didunia adalah Singa, hewan dengan sebutan "Raja Hutan" ini memiliki kekuatan tekanan menggigit 600 psi bahkan mungkin lebih. Perlu diketahui bahwa Singa merupakan hewan yang memiliki "jiwa sosial" yang paling tinggi, hewan ini melakukan perburuan secara bersama-sama, berbeda dengan Harimau yang sendirian (seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya). Hewan ini bisa ditemukan dibeberapa tempat di Benua Afrika dan juga dinegara India. Hewan ini memakan mamalia yang ukurannya sedang seperti rusa, zebra, kerbau dan yang lainnya.

Menurut Kamu Binatang Buas Apa Yang Paling Memarikan Gigitannya?

Nah itulah tulisan mengenai 10 binatang buas dengan gigitan paling mematikan didunia beserta dengan keterangan dan penjelasnnya yang dihimpun dari berbagai macam sumber. Tulisan diatas diurutkan berdasarkan psi yang paling besar kepada psi yang paling kecil, dan psi merupakan satuan yang menyatakan kekuatan tekanan (dalam hal ini yaitu gigitan). Semoga tulisan mengenai binatang buas dengan gigitan paling mematikan ini bermanfaat dan terima kasih banyak.

0 komentar:

Poskan Komentar