Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

6 Nama-nama Provinsi di Pulau Sulawesi

Tulisan yang satu ini akan mengupas secara mendalam namun singkat mengenai nama-nama provinsi di Pulau Sulawesi yang sudah seharusnya kamu ketahui bersama. Biasanya materi yang akan kita bahasa bersama-sama ini dipelajari pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Umum atau lebih khusus lagi yaitu Geografi. Langsung aja simak informasinya mengenai daftar nama provinsi yang ada di Pulau Sulawesi berikut ini, cekidot:

Source : https://www.flickr.com/photos/balibackpacker/6206469204

Nama-nama Provinsi di Pulau Sulawesi

Mengenali Nama-nama Provinsi di Pulau Sulawesi

Sulawesi merupakan nama salah satu pulau di Indonesia, pulau ini juga memiliki nama lain yaitu Celebes. Pulau terbesar ke-4 di Indonesia dan ke-11 didunia ini letaknya diantara Pulau Kalimantan dan Kepulauan Maluku. Pulau ini memiliki luas wilayah hampir 175 kilometer persegi dengan jumlah penduduk hampir mencapai 20 juta jiwa. Dan inilah ulasan mengenai nama-nama provinsi yang ada diwilayah Pulau Sulawesi, silahkan disimak baik-baik ulasannya.

Baca Juga : 6 Provinsi di Pulau Jawa
  1. Sulawesi Utara, provinsi paling utara Pulau Sulawesi ini beribukota di Kota Manado. Provinsi yang satu ini resmi menjadi bagian dari Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1959. Provinsi Sulut memiliki luas wilayah sekitar 15 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk hampir 2,3 juta jiwa.
  2. Sulawesi Tengah, salah satu provinsi yang ada di Pulau Sulawesi ini memiliki ibukota yang bernama Kota Palu. Provinsi ini resmi menjadi salah satu provinsi di NKRI pada 13 April 1964. Provinsi Sulteng memiliki luas wilayah 62 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk 2,7 juta jiwa.
  3. Sulawesi Selatan, satu dari enam provinsi yang ada di Pulau Sulawesi ini beribukota di Kota Makassar. Menjadi salah satu dari provinsi di Indonesia resminya pada 13 Desember 1960. Provinsi Sulsesl memiliki luas wilayah 46 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk 8 juta jiwa.
  4. Sulawesi Tenggara, Provinsi dibagian tenggara Sulawesi ini beribukota di Kota Kendari. Sultra resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia pada tanggal 22 September 1964. Provinsi yang satu ini memiliki luas wilayah 38 ribu kilometer dengan jumlah penduduk lebih dari 2,2 juta jiwa.
  5. Gorontalo, salah satu provinsi baru yang ada di Indonesia ini beribukota di kota Gorontalo. Provinsi ini resmi menjadi provinsi di NKRI pada tanggal 5 Desember 2000. Provinsi ini hanya memiliki luas wilayah 12 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa.
  6. Sulawesi Barat, satu dari dua provinsi muda di Indonesia yang ada di Pulau Sulawesi ini ibukotanya di Kota Mamuju. Resmi menjadi provinsi di Indonesia pada 5 Oktober 2004. Provinsi yang satu ini memiliki luas wilayah sekitar 16 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk 1,15 juta jiwa.

Kamu Hafalkan Nama-nama Provinsi di Pulau Sulawesi diatas?

Kawan-kawan, itulah penjelasan singkat mengenai nama-nama provinsi yang ada diwilayah Pulau Sulawesi diatas beserta dengan keterangan-keterangan lainnya seperti nama ibukotanya, tanggal resmi menjadi bagian dari Indonesianya, luas wilayahnya dan juga jumlah penduduknya. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada kamu semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar