Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Macam-macam Organisasi Internasional

Tulisan ini akan membahas mengenai macam-macam organisasi internasional yang mudah-mudah bisa memberikan informasi yang bermanfaat kepada kamu semua. Organisasi internasional diartikan sebagai wadah dari negara-negara yang memiliki visi, misi dan tujuan yang sama. Didunia ini ada banyak sekali organisasi tersebut, dan inilah pembahasan singkat mengenai macam-macam organisasi internasional yang perlu kamu ketahui, minimal kamu pernah mendengarnya.

Organisasi Internasional
Source : https://www.flickr.com/photos/sanjit/6365386329

Macam-macam Organisasi Internasional

Macam-macam Organisasi Internasional Yang Perlu Kamu Tahu

1. PBB

PBB atau Persatuan Bangsa-Bangsa merupakan salah satu organisasi internasional yang diikuti oleh Indonesia yang anggotanya adalah hampir semua negara yang ada didunia ini. Organisasi ini berdiri pada 24 Oktober 1945 dan saat ini markas besarnya ada di Kota New York, Amerika Serikat. Indonesia pernah keluar dari organisasi ini dan kemudian masuk lagi menjadi bagian dari anggota.

Baca Juga : Contoh Organisasi Internasional

2. G-20

G-20 merupakan organisasi besar yang terdiri dari negara-negara yang memiliki perekonomian tertinggi didunia yaitu 20 negara (19 negara ditambah dengan Uni Eropa). Indonesia merupakan salah satu anggota organisasi ini karena saat ini Indonesia menempati urutan ke-16 dunia dalam sisi GDP (Gross Domestic Product) atau Produk Domestik Bruto dengan nilai sekitar 888 miliar US Dolar.

3. OKI

Ketahuilah bahwa Indonesia juga merupakan salah satu negara anggota OKI yang merupakan organisasi internasional yang anggotanya merupakan negara-negara yang memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam. Organisasi ini didirikan pada tanggal 25 September 1969 atau bertepatan dengan 12 Rajab 1389 di Kota Rabat yang merupakan salah satu kota dinegara Maroko (Afrika bagian utara).
4. ASEAN

Salah satu dari sekian banyak organisasi internasional dimana Indonesia merupakan salah satu anggotanya adalah ASEAN. Organisasi ini merupakan perkumpulan negara-negara yang berada diwilayah Asia Tenggara. Organisasi ini terbentuk pada 8 Agustus 1967 atas Dasar Deklarasi Bangkok, dan saat itu Indonesia diwakili oleh Adam Malik selaku Menteri Luar Negeri Indonesia saat itu.

Nah itulah macam-macam organisasi internasional dimana Indonesia turut berpartisipasi karena kita memiliki pandangan politik luar negeri bebas aktif. Sebenarnya masih ada beberapa organisasi besar dunia dimana Indonesia turut ambil bagian misalnya APEC, MEA, dan yang lainnya. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada kamu semua, terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar