Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Pengertian Organisasi Internasional Beserta Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian organisasi internasional beserta dengan contohnya yang perlu kamu semua perhatikan, ini merupakan materi pelajaran yang diajarkan disekolah-sekolah pada mata pelajaran Geografi atau PKN. Semoga tulisan kami ini bisa memberikan manfaat kepada kamu semuanya, langsung saja simak informasi berikut ini mengenai pengertian organisasi internasional beserta dengan contohnya yang harus kita ketahui.

Pengertian Organisasi Internasional
Source : https://www.flickr.com/photos/un_photo/5474157467

Mengenali Pengertian Organisasi Internasional

Organisasi Internasional Beserta Contohnya

Sebenarnya ada banyak sekali pihak yang memberikan pengertian mengenai organisasi internasional baik itu dari perorangan ataupun kelompok. Dan dibawah ini adalah beberapa pengertian dari organisasi internasional yang dikemukakan oleh media dan juga para ahli, simak informasinya berikut ini, check this out:

Pengertian Organisasi Internasional Menurut Media

Pengertian organisasi internasional menurut Wikipedia adalah suatu organisasi yang dibuat oleh anggota masyarakat internasional (dunia) secara sukarela atau dasar kesamaan yang bertujuan menciptakan perdamaian dunia dalam tananan hubungan internasional. Dan yang harus kita garis bawahi adalah bahwa anggota-anggota yang membentuk organisasi internasional tersebut harus memiliki visi dan tujuan yang sama walaupun nantinya untuk misi akan didiskusikan kembali.

Pengertian Organisasi Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian organisasi internasional menurut D.W. Boweet merupakan organisasi yang dibentuk secara permanen yang didirikan atas dasar sebuat traktak (kesepakatan) yang lebih bersifat multilateral daripada bilateral dengan tujuan-tujuan tertentu. Darisini kita bisa pahami bahwa organsiasi inetrnasional itu lebih cenderung kepada kerjasama antara lebih dari dua negara daripada hanya dua negara saja, misalnya saja Perserikana Bangsa-bangsa atau PBB.

Kemudian ada juga pengertian lainnya seperti yang diungkapkan oleh J. Pariere Mandalangi yaitu suatu organisasi yang dibentuk berdasarkan atas sebuah perjanjian yang bersifat tertulis yang dilakukan oleh sekurang-kurangnya tiga negara atau pemerintah atau organisasi-organisasi internasional yang sudah ada. Seperti yang sudah dituliskan pada point sebelumnya bahwa organisasi internasional lebih cenderung kepada kerjasama multilateral daripada bilateral.

Baca Juga : Definisi Organisasi Internasional

Contoh Organisasi Internasional

Inilah contoh-contoh dari Organisasi Internasional

1. PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa)

Ini merupakan salah satu organisasi internasional dengan jumlah anggota terbesar, mungkin yang paling besar diantara organisasi-organisasi internasional lainnya. Organisasi yang berpusat di Kota New York ini dibentuk pada 24 Oktober 1945 dan Indonesia merupakan salah satu anggota dari organisasi internasional tersebut.

2. APEC (Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik)

Organisasi internasional lainnya yang memiliki jumlah anggota yang besar adalah APEC yang merupakan forum kerjasama ekonomi antara negara-negara yang berada dikawasan Asia Pasifik. Indonesia merupakan salah satu anggotanya, ada juga negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, China, dll.

3. ASEAN (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara)

Kawasan Asia Tenggara juga memiliki organisasi internasional tersendiri yaitu ASEAN seperti yang sudah kita kenal bersama. Organisasi ini dibentuk pada 8 Agustus 1967 atas dasar Deklarasi Bangkok dengan tujuan seperti kerjasama ekonomi, keamanan didalam kawasan, pertukaran budaya dan masih banyak lagi.

Artikel Lainnya : Macam-macam Organisasi Internasional

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian organisasi internasional yang dikemukakan oleh media Wikipedia dan juga beberapa ahli dibidangnya. Semoga tulisan ringkas ini bisa memberikan manfaat kepada kamu semua pemaca yang budiman, mungkin hanya sekian dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

0 komentar:

Poskan Komentar