Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

5 Contoh Globalisasi Dalam Bidang Politik

Ketahuilah bahwa contoh globalisasi dalam bidang politik itu banyak sekali, dan tulisan kali ini akan menjelaskan sekitar lima dari banyak contoh yang ada. Kamu bisa mencari contoh-contoh lainnya diberbagai macam referensi misalnya saja buku di perpustakaan, koran yang ada dirumah kamu, atau situs atau blog lainnya yang ada diinternet. Dan inilah lima contoh globalisasi dalam bidang politik, so silahkan simak baik-baik informasinya yang berikut ini:

Source : https://www.flickr.com/photos/un_photo/3311542781


1. Hadirnya Politik Suatu Negara

Indonesia memiliki politik luar negeri tersendiri yaitu bebas aktif, bebas artinya tidak memihak blok manapun dan aktif artinya aktif dalam aktivitas internasional seperti misalnya menjadi bagian dari PBB, membantu negara lain, dll.

2. Terbentuknya Organisasi Internasional

Salah satu dari sekian banyak contoh globalisasi dalam bidang politik adalah munculnya organisasi-organsiasi internasional yang terdiri dari berbagai macam negara yang umumnya memiliki kesamaan visi dan misi misalnya PBB, APEC, dll.

3. Kerjasama Antarnegara

Kerjasama bilateral atau multilateral suatu negara dengan negara lainnya juga merupakan dampak dari adanya globalisasi, tentunya diharapkan kerjasama ini bisa menguntungkan negara-negara yang bekerjasama tersebut (mutualisme).

4. Masuknya Ideologi-ideologi Asing

Globalisasi memudahkan masuknya ideologi-ideologi yang masuk ke tanah air, jika hal ini tidak sesuai dengan falsafah kita makan bukan tidak mungkin akan terjadi kekacauan, dan kita sudah memiliki sejarah dengan hal ini.

5. Campur Tangan Negara Lain

Salah satu contoh globalisasi dalam bidang politik yang amat kita sayangkan adalah adanya campur tangan negara lain, kita bisa melihat contohnya dari beberapa negara di Timur Tengah yang "direcoki" oleh negara-negara lain.

nah itulah kira-kira penjelasan mengenai beberapa contoh globalisasi dalam bidang politik yang seharusnya kita ketahui bersama. Contoh-contoh tersebut tentunya ada yang sudah tidak asing lagi bagi kita karena sering hadir didalam buku, koran, internet, dan lainnya. Semoga tulisan singkat mengenai contoh globalisasi politik ini bisa memberikan manfaat dan terima kasih banyak.

2 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali gan informasinya...

    BalasHapus
  2. masya allah ini sangat berfaedah allahuakbar !!!!!!!!!!!!! khoirrrr

    BalasHapus