Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Mengenali Latar Belakar Dan Sejarah ASEAN

Tulisan yang satu ini akan membahas mengenai latar belakang dan sejarah ASEAN. Tentunya ASEAN bukan lagi merupakan suatu yang asing ditelinga kita, kata ini sering kita dengan dan menjadi salah satu bahasan didalam mata pelajaran sejarah ketika kita sekolah. Singkatnya ASEAN merupakan organisasi internasional antara negara-negara yang berada dikawasan ASEAN, termasuk Indonesia yang ada didalamnya. So, mari kita bahas mengenai latar belajar dan tujuan dari dibentuknya ASEAN, silahkan disimak informasinya berikut ini.

Source : https://www.flickr.com/photos/diaz/11727202623 

Latar Belakang dan Sejarah ASEAN

Latar Belakang ASEAN

Terbentuknya sebuah organisasi internasional sudah barang tentu ada sesuatu yang mendasarinya, begitu juga dengan dibentuknya ASEAN yang merupakan sebuah organisasi internasional yang menaungi negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara yang tentunya juga ada yang mendasarinya. Dan inilah beberapa latar belakang terbentuknya ASEAN sesuai dengan Deklarasi Bangkok.

1. Persamaan Letak Geografis.

Salah satu hal yang mendasari terbentuknya ASEAN adalah karena negara-negara tersebut memiliki kesamaan dalam hal geografis. Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya berada dikawasan Asia Tenggara, selain itu negara-negara tersebut juga terletak diantara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

2. Persamaan Budaya.

Selain memiliki kesamaan dalam sisi geografis, negara-negara ASEAN juga mempunya kesamaan dalam nilai-nilai dasar kebudayaan. Sejarah mencatat bahwa negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara memiliki budaya, bahasa, serta tata kehidupan dan pergaulan yang hampir sama karena merupakan para pewaris peradaban sebelumnya yang disebut dengan rumpun Melayu Austronesia.

3. Persamaan Nasib.

Selain Thailand, negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara merupakan negara-negara jajahan, misalnya Indonesia merupakan negara jajahan Belanda, Malaysia dan Singapura merupakan negara jajahan Inggris, dan juga Filipina yang merupakan negara jajahan Spanyol. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar terciptanya organisasi internasional ASEAN dikarenakan rasa kesetiakawanan dan perasaan senasib sepenanggungan antara negara-negara tersebut.

4. Persamaan Kepentingan.

Hal yang tidak kalah pentingnya dari sebab-sebab yang membuat terbentuknya organisasi dikawasan Asia Tenggara ini adalah kerana adanya persamaan kepentingan antara negara-negara tersebut. Negara-negara dikawasan Asia Tenggara ini memiliki kebulatan tekad dan tujuan untuk sama-sama berkontribusi dalam hal pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, perkembangan budaya, serta hal-hal yang erat kaitannya dengan keamanan dan stabilitas politik dikawasan.

Baca Juga : Tokoh dan Negara Pendiri ASEAN

Sejarah ASEAN

Sejarah terbentuknya organisasi internasional ASEAN tidak terlepang dari dua faktor besar ini yaitu faktor internal (dalam) dan Faktor (eksternal). Dan dibawah ini merupakan tulisan mengenai penjelasan kedua faktor tersebut, silahkan disimak:

a. Faktor Internal (Dalam)

Lahirnya negara-negara baru dikawasan Asia Tengara setelah perang dunia ke II, termasuk Indonesia didalamnya, melahirkan permasalahan-permaslahan baru. Salah satu permasalahan internalnya adalah mengenai stabilitas keamanan dan politik didalam kawasan. Untuk mewujudkan terciptanya Asia Tengara yang memiliki stabilitas keamaan dan kondisi politik didalam kawasan tersebut yang baik dan kondusif maka dibentuklah organisasi ASEAN.

b. Faktor Eksternal (Luar)

Krisis keamanan diwilayah Indochina yang ditimbulkan akibat dari gerakan komunis yang ingin menguasai wilayah Asia Tenggara bagian utara seperti Vietnam, Kamboja, Laos dan sekitarnya membuat keresahan dan kekhawatiran terhadap negara-negara tersebut. Untuk menghadapi ancaman yang datangnya dari luar tersebut maka negara-negara pendiri ASEAN sepakan membentuk ASEAN.

Bagaimana Tulisan Mengenai Latar Belakang dan Sejarah ASEAN diatas?

Artikel Lainnya : Mengenali Masyarakat Ekonomi ASEAN

Nah itulah penjelasan mengenai latar belakang dan sejarah ASEAN yang sudah semestinya kita tahu sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan kita seputar organisasi yang menaungi negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara. Semoga tulisan yang satu ini bisa memberikan manfaat kepada kamu semua para pembaca khusunya para pelajar yang sedang menyelesaikan tugasnya.

2 komentar: