Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Mengenali Tokoh dan Negara Pendiri ASEAN

Tulisan yang satu ini akan membahas mengenai tokoh dan negara pendiri ASEAN, mungkin sebagian dari kamu sudah ada yang mengetahui sekilas mengenai hal tersebut, namun tulisan kali ini akan membahas secara lebih dalam lagi seputar profil tokoh dan negara pendiri ASEAN, silahkan disimak infonya baik-baik.

Tokoh dan Negara Pendiri ASEAN
Source : https://www.flickr.com/photos/28888122@N07/3291973757

Tokoh dan Negara Pendiri ASEAN

Profil 5 Tokoh Pendiri ASEAN

1. Adam Malik

Adam Malik merupakan salah satu tokoh pendiri ASEAN yang saat itu menjabat sebagai menteri luar negeri Republik Indonesia. Negarawan kelahiran Pematang Siantar (Sumatera Utara), 22 Juli 1917 pernah menjabat sebagai wakil presiden Republik Indonesia pada masa orde baru yang saat itu presidennya adalah Soeharto. Beliau dikenal sebagai orang yang cerdas dan memiliki hobi baca buku.

2. Tun Abdul Razak

Tun Abdul Razak merupakan menteri luar negeri Malaysia (saat itu) yang menjadi salah satu tokoh pendiri organisasi internasional ASEAN. Negarawan Malaysia yang lahir pada 11 Maret 1922 ini dikenal cerdas, sejarah mencatat bahwa beliau pernah mengenyam pendidikan diluar Malaysia yaitu di Inggris. Karena jasanya kepada negara Malaysia, beliau diberi gelar Bapak Pembangunan Malaysia.

3. Thanat Khoman

Tokon pendiri ASEAN yang tidak kalah peranannya adalah Thanat Khoman yang saat itu merupakan menteri luar negeri negara Thailand. Negarawan yang dikenal cerdas ini merupakan sedikit dari orang Thailand yang bergelar doktor dari universitas ternama di Prancis. Nama beliau sangat harus dimata masyarakat Thailand, dan puncak karir politiknya adalah Wakil Perdana Menteri Thailand.

4. Narciso Ramos

Narciso Ramos merupakan salah satu pendiri ASEAN yang saat itu merupakan menteri luar negeri negara Filipina. Masyarakat Filipina mengenalnya sebagai tokoh yang karismatik, beliau pernah menjabat sebagai diplomat, politikus, pengacara dan juga wartawan. Perlu kalian ketahui semuanya bahwa Narciso Ramos merupakan orang pertama yang memberikan sambutan dalam deklarasi tersebut.

5. S. Rajaratnam

Tokoh pendiri ASEAN lainnya yang peranannya begitu besar adalah S. Rajaratnam yang merupakan perwakilan Singapura yang saat itu adalah menteri luar negeri negara Singapura. Negarawan Singapura kelahiran Sri Lanka ini dikenal sebagai politikus hebat Singapura dimana puncak karir politiknya adalah wakil Perdana Menteri Singapura yang pernah dijabatnya selama lima tahun (1980 - 1985).

Baca Juga : Apa Itu MEA?

Profil 5 Negara Pendiri ASEAN

1. Indonesia

Indonesia merupakan salah satu dari lima negara pendiri ASEAN yang saat itu diwakili oleh menteri luar negerinya yaitu Adam Malik. Negara dengan bentuk republik ini memiliki jumpah penduduk lebih dari 1/4 milyar jiwa denga luas wilayah (daratan) sekitar 2 juta kilometer persegi. Negara yang beribukota di Kota Jakarta mendapatkan kemerdekaannya dari bangsa Belanda pada 17 Agustus 1945 dan lagu kebangsaannya adalah lagu Indonesia Raya.

2. Malaysia

Malaysia juga merupakan negara penting bagi berdirinya organisasi ASEAN, saat ini Malaysia diwakilkan oleh menteri luar negerinya yaitu Tun Abdul Razak. Negara yang beribukota di Kuala Lumpur ini memiliki luas wilayah hampir 1/3 juta kilometer dengan jumlah penduduk lebih dari 30 juta jiwa. Negara yang merdeka pada 31 Agustus 1957 mayoritas berbahasa Melayu dengan mata uangnya Ringgit.

3. Thailand

Negara lainnya yang menjadi pemrakarsa berdirinya organisasi internasional regional ASEAN yaitu Thailand yang diwakilkan oleh menteri luar negerinya Narciso Ramos. Satu-satunya negara ASEAN yang belum pernah dijajah ini memiliki luar negara lebih dari 500 ribu kilometer persegi dengan total penduduk lebih dari 67 juta jiwa. Negara yang beribukota di Kota Bangkok ini memiliki bahasa resmi Thai, mata uang resmi negara Bath dan lagu kebangsaannya Phleng Chat Thai.

4. Filipina

Filipina merupakan negara yang juga memprakarsai lahirnya organisasi ASEAN, yang saat itu diwakilkan oleh Narciso Ramos selaku menteri luar negerinya. Negara yang beribukota di Kota Manila ini memiliki luas negera mencapai 300 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduknya sekitar 107 juta jiwa. Negara yang merdeka pada 12 Juni 1898 ini memiliki bahasa resmi Tagalog dan Inggris.

5. Singapura

Negara terkecil di Asia Tenggara ini merupakan juga salah satu pendiri ASEAN, dimana saat ini S. Rajaratnam selaku menteri luar negeri yang mewakilinya. Negara yang juga beribukota di Kota Singapura ini memiliki luas wilayah hanya sekitar 700 kilometer persegi saja dengan jumlah penduduk lebih dari 5,5 juta jiwa. Negara ini memiliki bahasa yang banyak seperti Inggris, Melayu, Tamil, Mandari, untuk mata uang resmi negera tersebut adalah Dollar Singapura.

Artikel Selanjutnya : Inilah Arti Lambang ASEAN

Bagaimana Menurut Kamu Tulisan Mengenai Tokoh dan Negara Pendiri ASEAN diatas?

Nah itulah penjelasan mengenai tokoh-tokoh dan negara-negara pendiri ASEAN, semoga tulisan yang satu ini bisa memberikan khasanan wawasan dan pengetahuan kepada kamu semua mengenai organisasi antara negara-negara yang berada dikasawasan Asia Tenggara tersebut. Jika kamu punya saran, masukan, komentar ataupun lainnya silahkan kamu bisa berkomentar dibawah tulisan ini.

3 komentar:

  1. makasih info nya berguna banget

    BalasHapus
  2. wah makasih banget jadi tahu banyak deh soal perhimpunan negara-negara asia tenggara ini, ternyata negara kita aktif juga ya dan menjadi salah satu pendiri asean, terima kasih sekali lagi artikelnya.

    BalasHapus