Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Pengertian Web Browser, Manfaat Serta Contohnya

Tulisan kali ini kita akan membahas mengena pengertian web browser beserta dengan manfaat dan contoh aplikasinya yang banyak digunakan para netizen diseluruh belahan dunia. Tentunya kamu tidak asing lagi dengan kata "web browser" bukan? ini merupakan perangkat yang dibunakan untuk melakukan berbagai macam aktifitas didalam jaringan internet seperti browsing, searching, surfing, dan lainnya. Dan inilah penjelasan mengenai pengertian web browser serta manfaatnya dan macam-macam contoh aplikasinya, silahkan disimak baik-baik:

Pengertian Web Browser
Source : https://www.flickr.com/photos/45013732@N02/4437986902

Pengertian Web Browser

Inilah Beberapa Pengertian Web Browser

Secara umum kita bisa mengetahui bahwa pengertian web browser adalah suatu aplikasi atau pernagkat yang digunakan untuk menjelajari atau mencari informasi didalam jaringan internet dari sebuah media (situs, blog, jejaring sosial, dan lainnya) yang tersimpan didalam komputer. Tentunya kamu tidak asing lagi dengan nama-nama web browser seperti Firefox, Chrome, Safari, Opera dan yang lainnya.

Pengertian Web Browser Menurut Wikipedia

Pengertian web browser menurut Wikipedia adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada didalam jaringan internet (world wide web). Sumber-sumber informasi yang dimaksud itu terdiri dari berbagai macam bentuk seperti misalnya berupa halaman situs, gambar, video, infografis, konten, dan yang lainnya.

Baca Juga : Browsing Adalah? Inilah Jawabannya

Manfaat Web Browser Serta Contohnya

Manfaat Web Browser

Ketahuilah bahwa sesuatu dibuat atau diciptakan tentu untuk dapat diambil manfaat dari apa yang diciptakannya atau dibuatnya tersebut. Begitu juga dengan didibuatnya web browser, dibuat untuk dapat diambil manfaatnya dari web browser tersebut. Dan inilah beberapa manfaat dari web browser yang harus kamu ketahui:
  • Web browser digunakan untuk bisa mengakses informasi-informasi yang bermanfaat baik itu mengenai pendidikan maupun non pendidikan.
  • Web browser dapat mempermudah kita dalam mengakses informasi kepada media-media seperti misalnya situs, blog, gambar, video, dll.
  • Web browser juga bisa digunakan untuk sebagai media untuk berjejaring sosial misalnya saja melalui Facebook, Twitter, Google Plus, dll.
  • Web browser dapat menyimpan file-file yang kita cari ketika menjelajah internet, kita juga bisa membookmark situs yang dinggap penting.
  • Web browser digunakan untuk mengakses mesin pencari (serach engine seperti Google misalnya) yang biasa digunakan untuk mencari informasi.
  • Dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari web browser yang bisa kita gunakan untuk mempermudah aktifitas kita berselancar didunia maya.

Contoh Aplikasi Web Browser

Setelah kita mengetahui pengertian web browser dan juga manfaatnya, ada baiknya kita mengetahui contoh aplikasi web browser yang popular pada saat ini. Dan dibawah ini adalah 5 web browser yang banyak digunakan para netizen dewasa ini, so silahkan disimak informasinya berikut baik-baik, cekidot:

1. Google Chrome

Hampir 60% netizen didunia ini menggunakan Chrome sebagai web browser mereka. Browser besutan Google hampir digunakan diseluruh negara khususnya negara-negara yang ada dibenua Amerika, Asia, dan Eropa.

2. Mozilla Firefox

Firefox juga merupakan salah satu web browser yang paling banyak digunakan para pengguna internet. Penggunanya kurang lebih 1/6 jumlah pengguna internet dunia, dan Indonesia merupakan salah satu negara pengguna Firefox terbanyak.

3. Safari

Pengguna Safari didunia hampir mencapai 16% sehingga menjadikan browser ini salah satu yang paling populer. Aplikasi buatan Apple Inc ini dirilis pada tahun 2003 untuk perangkat komputer dan 2007 untuk perangkat mobilenya.

4. Opera.

Opera juga merupakan salah satu web browser terpopuler sejagat internet yang digunakan sekitar 6% netizen dunua untuk perangkat komputernya dan 11% netizen untuk perangkat mobilenya. Apakah kamu pengguna Opera juga?

5. Internet Explorer

Meskipun semakin sedikit yang menggunakan, tetap saja Internet Explorer masih ada yang menggunakannya sebagai web browser. Browser ini pernah digunakan sampai 95% netizen pada tahun 2002-2003, wow!

Artikel Lainnya : Apa Yang Dimaksud Dengan Internet? Inilah Jawabannya

Itulah penjelasan mengenai pengertian web browser menurut kaidah yang kita ketahui secara umum dan juga menurut media Wikipedia. Dalam tulisan ini juga diterangkan mengenai manfaat web browser serta contoh aplikasinya yang banyak digunakan para netizen dewasa ini. Semoga tulisan mengenai pengertian web browser ini bisa bermanfaat untuk kamu semua, terima kasih banyak.

1 komentar:

  1. Terima kasih atas penjelasan materinya sangat lengkap dan terperinci sehingga memudahkan dalam memahami bagi orang yang membacanya

    BalasHapus