Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Internet? Inilah Jawabannya

Apa yang dimaksud dengan internet? Ketahuilah bahwa pertanyaan-pertanyaan semacam itu merupakan pertanyaan-pertanyaan yang seringkali ditanyakan seseorang, misalnya saja ketika pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dimana seorang murid seringkali mempertanyakan pengertian dari internet. Selain itu kita juga bisa melihat dari situs-situs soal-jawab yang ada dimedia internet seperti Yahoo Answers!, Brainly, dan lain sebagainya yang ada juga pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas secara singkat mengenai apa yang dimaksud dengan internet?

Apa Yang Dimaksud Dengan Internet
Sumber: https://www.flickr.com/photos/125833071@N05/14560010521

Apa Yang Dimaksud Dengan Internet

Apa Yang Dimaksud Dengan Internet? Inilah Jawabannya

Pengertian internet menurut situs ensiklopedia terbesar Wikipedia adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan sistem yang disebut dengan TCP-IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) sebagai protokol pertukaran paket (Packet Switching Communication Protocol) untuk melayani para pengguna diseluruh dunia. Perlu diketahui bahwa internet itu sendiri merupakan singkatan dari Interconnection Networking yang dalam Bahasa Indonesia kira-kira memiliki arti jaringan yang saling terhubung.

Situs Webopedia memberikan definisi tersendiri mengenai apa itu internet? Menurut situs tersebut internet diartikan sebagai jaringan global yang dapat mengkoneksikan jutaan bahkan miliaran komputer, lebih dari 190 negara terhubung dalam pertukaran data, berita dan juga opini. Perlu diketahui bahwa seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, kini yang saling terhubung tidak hanya komputer melainkan juga perangkat-perangkat lainnya seperti smartphone, handphone, tablet, dan gadget-gadget lainnya.

Dari beberapa pengertian diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa internet merupakan jaringan yang dapat menghubungkan perangkat-perangkat berbasis IT diseluruh dunia seperti misalnya komputer, smartphone, handphone, tablet, dan juga perangkat-perangkat IT lainnya. Saat ini jutaan bahkan miliaran orang bisa saling terhubung dengan teknologi yang namanya internet, contoh nyatanya kita bisa lihat dari banyaknya orang yang menggunakan situs jejaring sosial Facebook dimana setiap orang bisa saling berhubungan walaupun berbeda daerah (tempat).

Baca Juga : Kepanjangan Internet dan Manfaatnya

Apa yang dimaksud dengan internet? Kami rasa kamu sudah mengetahuinya, bukan begitu?

Setelah mengetahui pengertian atau definisi dari internet, tentu lebih baik jika kamu mengetahui juga apa manfaat atau kegunaan daripada media yang satu ini. Ketahuilah bahwasannya internet memiliki dampak positif bagi kehidupan manusia, namun harus disadari juga bahwa internet bisa berdampak negatif. Oleh sebab itu kita sebagai brainware daripada media ini harus bisa mengoptimalkan dampak positifnya dan meminimalisir atau jika bisa menghilangkan dampak negatifnya. Untuk lebih jelasnya inilah berbagai manfaat daripada jaringan internet bagi dunia.
  1. Internet dapat membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan murah, saat ini kita mengenal media yang namanya Facebook, Whatsapp, Skype dan yang lainnya yang tentunya membuat kita semakin mudah berkomunikasi.
  2. Menambah wawasan dan juga pengetahuan, kita bisa mencari berbagai macam referensi yang dapat menambah wawawasan dan juga pengetahuan kita mengenai sesuatu seperti melalui Wikipedia, Wikihow, dan lainnya.
  3. Sebagai media hiburan yang bisa menjadi sahabat setia kamu, kini mencari hiburan tidak harus pergi dari tempat kamu saat ini, kamu bisa main game atau nonton video streaming via internet sebagai alternatifnya.
  4. Media belajar yang efektif dan efisien, ketahuilah bahwa didalam media internet tersaji banyak sekali media-media pembelajaran yang bisa kamu gunakan, bahkan lebih interaktif dan variatif dengan gambar dan videonya.
  5. Memudahkan seseorang dalam belanja atau membeli sesuatu, ini merupakan manfaat internet yang wajib kita syukuri khususnya untuk kaum hawa. Kita bisa membeli sesuatu dengan mudah dan tidak menyita waktu.
Nah itulah beberapa point mengenai manfaat dari jaringan internet yang begitu memudahkan kita dalam melakukan aktivitas. Tentunya masih banyak lagi manfaat-manfaat dari internet dalam kehidupan manusia ini seperti misalnya dalam hal mencari pekerjaan, dalam hal bisnis, dan dalam pelbagai hal lainnya.

Artikel Lainnya : Kepanjangan www

Mungkin hanya sekian penjelasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan internet? yang diserta dengan penjelasannya dari berbagai sumber media besar seperti Wikipedia dan juga Webopedia. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian yang budiman. So, jika ada yang bertanya apa yang dimaksud dengan internet? kamu tentunya sudah tahu jawabannya bukan?

2 komentar: