Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Pengertian Browsing Serta Macam-macam Browser

Tidak sedikit orang yang tidak mengetahui pengertian browsing padahal kami meyakinin banyak sekali dari mereka yang melakukan browsing pada jaringan internet atau bisa jadi mereka mengetahui browsing tetapi ingin mengetahui lebih dalam apa itu browsing. Oleh sebab itu, tulisan kali ini akan membahas mengenai pengertian dari browsing serta macam-macam browsing yang banyak digunakan netizen dunia. So, tunggu apa lagi? silahkan saksikan informasinya yang berikut.

Pengertian Browsing
Source : https://www.flickr.com/photos/129146418@N05/16016205206

Pengerian Browsing

Pengertian Browsing Serta Macam-macam Browser

Browsing memiliki padanan kata dengan surfing dan kata-kata yang semakna dengan ini memiliki arti dalam Bahasa Indonsianya adalah berselancar (tentu yang satu ini bermakna konotatif), menelusuri, menjelakar, mencari, dan kata-kata yang memiliki makna yang sama dengannya. Ini merupakan pengertian dari browsing dari segi bahasa yang seharusnya kita ketahui bersama.

Sedangkan dari sisi istilah, pengertian browsing adalah suatu aktivitas dalam menjelajari internet melalui bahasa hypertext yang dilakukan dengan menggunakan perangkat-perangkat IT dengan menggunakan web browser. Akvitas-aktivitas yang bisa kita lakukan dalam browsing tentunya banyak sekali, namun pada umumnya browsing lebih menekankan kepada pencarian dimesin pencari.

Selain itu ada juga pengertian browsing lainnya seperti yang dikemukakan oleh Business Dictionary Dot Com yang memberikan pengertian browsing sebagai pencarian didalam world wide web (maksudnya adalah jaringan internet) dengan mengikuti (membaca) satu tautan (pembahasan) demi tautan yang lainnya yang biasanya dapat mendefinisikan sebuah obyek tanpa ada strategi perencanaan dalam pencarian tersebut. Berbeda dengan istilah "searching" yang biasanya direncanakan dalam pencariannya untuk mencari sebuah obyek pembahasan.

Baca Juga : Pengertian Domain dan Contohnya

So, Apa Pengertian Browsing Menurut Kamu Sendiri?

Macam-macam Browser

Browser atas web browser merupakan perangkat lunak (sofware) yang digunakan untuk berinternet ria yang notabene menggunakan bahasa hypertext. Saat ini ada 5 web browser yang paling banyak digunakan netizen dunia, dan inilah 5 web browser paling populer didunia maya, silahkan disimak infonya:

1. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser paling populer didunia. Menurut sumber yang terpercaya, pada Oktobet 2015 pengguna web browser ini sekitar 11,28% - 16,95% netizen dunia. Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas netizennya menggunakan Mozilla Firefox, Jerman dan Kuba juga.

2. Google Chrome

Salah satu browser yang paling banyak digunakan netizen lainnya yaitu Google Chrome yang dibuat oleh Perusahaan Google. Berdasarkan data yang dirilis pada Desember 2015, pengguna internet yang menggunakan Google Chrome mencapai 58%. Sebagian besar negara di Asia, Amerika, dan Eropa menggunakan Chrome.

3. Internet Explorer

Meskipun tidak sepopuler dahulu tetapi perangkat lunak yang satu ini masih ada yang menggunakannya. Internet Explorer besutan Microsoft pernah digunakan 95% netizen dunia pada periode 2002-2003. Web browser Internet Explorer merupakan salah satu yang tertua karena dibuat sekitar 20 tahun yang lalu (1995).

4. Opera

Salah satu web browser paling populer digunakan para netizen adalah Opera yang dibuat oleh Opera Software. Menurut data yang ada pada kuartal 3 tahun 2015 perangkat lunak ini digunakan oleh sekitar 6% pengguna internet dunia. Opera juga memiliki browser untuk perangkat mobile yang digunakan oleh 11% netizen.

5. Safari

Dan yang terakhir mengenai web browser paling populer sejagat internet adalah Safari yang merupkaan web browser untuk perangkat Apple. Perangkat lunak ini dirilis pada 2003 untuk perangkat komputer dan 2007 untuk perangkat mobile. Pada September 2012, pengguna Safari sekitar 15,59% dari pengguna internet.
Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian browsing baik yang secara umum kita mengenalnya maupun yang diartikan oleh media. Dalam tulisan kali ini juga menginformasikan mengenai macam-macam web browser yang paling banyak digunakan netizen. Semoga tulisan kali ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian, terima kasih atas kunjungannya untuk kamu-kamu semua yang budiman.

0 komentar:

Posting Komentar