Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Pengertian Domain Serta Contohnya

Tulisan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian domain serta contohnya yang banyak sekali kita temukan didalam jaringan internet. Mungkin sebagian dari kamu yang membaca tulisan ini sering mendengar atau setidaknya pernah mendengar kata "domain" namun tidak mengetahui apa artinya. Oleh sebab itu kamu baca terus tulisan yang satu ini yang membahas mengenai pengertian domain dan juga contohnya, silahkan disimak baik-baik informasi yang berikut ini:

Pengertian Domain
Source : https://www.flickr.com/photos/bloggingbookshelf/5910411419

Pengertian Domain

Pengertian Domain dan Contohnya

Untuk memudahkan mengetahuinya kita ambil saja contohnya https://facebook.com/, itu merupakan nama domain dari situs jejaring terkemuka Facebook dengan domain .com yang artinya digunakan untuk organisasi atau perusahaan yang bertujuan untuk komersial atau profit. Didalam Facebook terdapat halaman https://developers.facebook.com/ yang merupakan halaman untuk para pengembang Facebook, dan yang demikan disebut dengan subdomain (untuk developersnya saja), sudah mengertikan apa itu domain?

Untuk lebih menjelaskan lagi mari kita sama-sama saksikan pengertian domain menurut Wikipedia. Wikipedia mendefinisikan domain sebagai suatu nama yang unik yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah nama dari server komputerseperti misalnya web server atau email server yang ada didalam jaringan internet. Penggunaan nama domain dikarenakan untuk mempermudah dalam mengakses ke server daripada harus mengingat deretan angka rumit yang biasa disebut dengan IP address (alamat IP). Nama domain dikenal juga dengan istilah situs web atau URL (Uniform Resource Locator).

Baca Juga : Pengertian Chatting dan Contoh Aplikasinya

Apakah Kamu Punya Pengertian Domain Lainnya?

Contoh Domain

Generic Top Level Domain (GTLD)

Nampaknya Generic Top Level Domain merupakan domain yang paling banyak digunakan sebagai alamat website karena berbagai macam alasan tentunya. Menurut data yang ada pada November 2015 jumlah GTLD lebih dari 700 domain dan 1.900 lainnya menunggu dalam daftar. Dan inilah beberapa contoh domain yang banyak digunakan sebagai alamat website, blog atau yang lainnya:
.com - digunakan untuk kepentingan organisasi komersial.
.net - digunakan untuk kepentingan jaringan organisasi.
.org - digunakan untuk kepentingan organisasi.
.info - digunakan untuk kepentingan informasi.
.name - digunakan untuk kepentingan personal atau pribadi.
.edu - digunakan untuk kepentingan pendidikan.
.mil - digunakan untuk kepentingan militer.
.biz - digunakan untuk kepentingan bisnis.
.tv - digunakan untuk kepentingan pertelevisian.
.travel - digunakan untuk kepentingan pariwisata.

Country Coded Top Level Domain (CcTLD)

Selain domain tingkat tinggi yang sifatnya umum (GLTD) yang dijelaskan sebelumnya, ada juga yang namanya CcTLD atau Country Coded Top Level Domain seperti misalnya .co.id untuk negara Indonesia, co.uk untuk negara Inggris, .sa untuk negara Arab saudi dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Untuk negara Indonesia sendiri selain .co.id ada juga domain-domain lainnya yang hanya diperuntukan untuk Indonesia, misalnya saja
.ac.id - digunakan untuk kepentingan pendidikan atau akademik.
.co.id - digunakan untuk kepentingan organisasi profit atau komersial.
.or.id - digunakan untuk kepentingan organsiasi.
.net.id - digunakan untuk kepentingan jaringan.
.web.id - digunakan untuk pentingan pribadi atau kelompok.
.sch.id - digunakan untuk kepentingan sekolah atau pendidikan.
.go.id - digunakan untuk kepentingan instansi pemerintah.
.mil.id - digunakan untuk kepentingan militer atau pertahanan.
war.net.id - - digunakan untuk kepentingan warung internet.
Artikel Lainnya : Pengertian Web Browser

Nah itulah tulisan mengenai pengertian domain baik yang secara umum kita ketahui bersama ataupun yang didefinisikan oleh Wikipedia. Dalam tulisan ini juga kita bisa mengetahui mengani contoh-contoh domain baik itu yang berupa GTLD, CcTLD maupun yang lainnya. Semoga tulisan mengenai pengertian domain dan juga contohnya bisa bermanfaat untuk kamu semua para pembaca yang baik hati.

0 komentar:

Poskan Komentar