Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

5 Contoh Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Tulisan ini akan membahas mengenai berbagai macam contoh globalisasi dalam bidang ekonomi yang sadar atau tidak sadar berada dekat dengan kita atau berada disekitar kita. Contoh-contoh yang akan kita bahas dibawah ini merupakan akibat yang timbul dari adanya proses globalisasi yang terjadi didunia ini. Dan inilah 5 contoh globalisasi dalam bidang ekonomi yang seharusnya kita ketahui bersama:

Source : https://www.flickr.com/photos/74068232@N04/6755833721

Contoh Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Inilah 5 Contoh Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

1. Terciptanya Ekspor dan Impor

Adanya ekspor dan impor antara satu negara dengan negara lain merupakan implikasi dari proses globalisasi yang terjadi pada saat ini. Keadaan ini tentu menguntungkan bagi setiap negara, ekspor untuk meningkatkan devisa negara mereka dan impor untuk memenuhi kebutuhan yang tidak ada didalam negeri.

2. Terciptanya Pasar Bebas

Salah satu contoh globalisasi yang saat ini banyak terjadi adalah terciptanya pasar bebas misalnya saja adalah Masyarakat Ekonomi Eropa. Dan negara-negara dikawasan Asia Tenggara pun akan menghadapi suatu keadaan yang sama dengan di Eropa yaitu Masyarakat Ekonomi ASEAN atau yang lebih dikenal dengan sebutan MEA. Ayo sudah pada siap belum dengan adanya MEA ini?

3. Masuknya Perusahaan-perusahaan Asing ke Indonesia

Globalisasi mau tidak mau membuat negara menjadi lebih terbuka, salah satunya dampaknya adalah memudahkan masuknya perusahaan-perusahaan asing ke Indonesia dan tentunya beroprasi disini. Banyak sekali perusahaan-perusahaan luar negeri yang beroperasi di Indonesia misalnya saja Freeport, Exxon Mobile, McDonald, KFC, Google, dan banyak lagi perusahaan-perusahaan asing lainnya.

4. Menjamurnya Bisnis E-commerce

Contoh globalisasi lainnya yang menjadi buah bibir masyarakat saat ini adalah menjamurnya bisnis-bisnis yang berbasis e-commerce. Saat ini industri e-commerce tumbuh pesat karena salah satunya didukung oleh perkembangan teknologi serta industri telekomunikasi dan informasi. Perusahaan e-commerce yang terkenal antara lain Amazon, Ebay, Tokopedia, Bukalapak, dan banyak lagi.

5. Masuknya Produk-produk Luar Negeri

Globalisasi tidak hanya memudahkan masuknya perusahaan-perusahaan luar negeri untuk beroperasi di Indonesia saja melainkan juga memudahkan masuknya produk-produk luar negeri atau yang lebih dikenal dengan impor. Produk-produk tersebut masuk karena banyak hal, misalnya saja ada yang membeli barang melalui toko online luar negeri misalnya saja Amazon, Ebay atau yang lainnya.

Nah itulah kira-kira beberapa point dari contoh globalisasi dalam bidang ekonomi. sebenarnya ada banyak sekali contohnya, kamu bisa melihat contoh-contoh lainnya di buku, internet, atau media-media lainnya. Tentu saja hal tersebut baik untuk kamu dan akan menambah pengetahuan kamu seputar globalisasi. Terima kasih sudah berkunjung kemari dan semoga tulisannya mengenai contoh globalisasi dalam bidang ekonomi ini penuh dengan manfaat.

0 komentar:

Posting Komentar