Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

5 Contoh Globalisasi Dalam Bidang Sosial

Tulisan ini menjelaskan secara lengkap mengenai beberapa contoh globalisasi dalam bidang sosial yang sedang kita alami saat ini. Tulisan ini dibuat sebagai referensi untuk kamu-kamu yang sedang mengerjakan tugas mengenai contoh-contoh daripada proses globalisasi atau kamu yang ingin mengetahui lebih jauh seputar globalisasi dan juga contohnya. So, simak baik-baik tulisan yang berikut ini mengenai 5 contoh globalisasi dalam bidang sosial, check this out:

Source : https://www.flickr.com/groups/letter-number-symbol_by-felixss/

Contoh Globalisasi di Bidang Sosial

5 Contoh Globalisasi Dalam Bidang Sosial

1. Masyarakat Tidak Lagi Homogen

Satu contoh globalisasi didalam masyarakat saat ini adalah tidak lagi homogen alias heterogen. Misalnya saja di Jakarta yang tidak hanya dihuni oleh orang Betawi melainkan juga orang Sunda, Sumatera bahkan ekspatriat dari luar negeri.

2. Masuknya Bahasa Asing

Masuknya bahasa asing merupakan salah satu dampak dari proses globalisasi yang terjadi pada saat ini. Kita bisa lihat dari menjamurnya tempat kursus bahasa asing ditanah air seperti Bahasa Inggris, Jepang, Arab, Prancis, Spanyol, dll.

3. Banyak Perempuan yang Bekerja

"Dapur, Sumur, Kasur" merupakan slogan aktivitas untuk wanita pada masa lampau, namun sekarang jargon tersebut sudah tidak berlaku lagi sepenuhnya, hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak wanita yang bekerja keluar rumah.

4. Sikap Individualistis yang Semakin Terlihat

Salah satu contoh globalisasi yang merupakan akibat buruk dari proses globalisasi yang terjadi pada saat ini adalah meningkatnya sikap individualitis dikalangan masyarakat, tentunya ini tidak baik dan harus segera dihilangkan.

5. Pudarnya Sikap Gotong Royong

Salah satu identitas Indonesia yang diakui masyarakat dunia adalah sikap gotong royong. Namun amat disayangkan semakin lama sikap seperti ini semakin pudar dan kalau didiamkan saja bukan tidak mungkin sikap ini akan hilang.

Nah itulah beberapa contoh globalisasi dalam bidang sosial yang mungkin kita merasakannya dalam kehidupan bermasyarakat yang ada disekitar kita. Oleh sebab itu kita harus bisa menfilternya, yang baik harus dioptimalkan dan yang buruk harus kita buang jauh-jauh. Sekian penjelasan singkat mengenai contoh globalisasi semoga bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar