Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Dampak Negatif Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Nah tulisan kali ini akan menjelaskan mengenai dampak negatif globalisasi dalam bidang ekonomi yang mungkin sering kita lihat atau cermati didalam kehidupan sehari-hari. Tentu akan menjadi lebih baik jika dampak negatif ini bisa kita minimalisir atau mungkin kita hilangkan. Dan inilah beberapa point dari dampak negatif globalisasi dari sisi ekonomi, silahkan disimak informasi berikut ini:

Source : https://www.flickr.com/photos/74068232@N04/6755833721

Dampak Negatif Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Inilah Beberapa Dampak Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Tentu kita mengetahui bahwa sesuatu ini tidak hanya berdampak positif saja melainkan juga ada dampak negatifnya, begitu pula halnya dengan proses globalisasi yang terjadi terhadap dunia ini. Oleh sebab itu kita harus bijak dalam menyikapi hal ini, dampak buruknya harus kita minimalisir atau mungkin hilangkan. Dan inilah beberapa point dari dampak negatif globalisasi dalam bidang ekonomi:
  • Globalisasi bisa menyebabkan arus masuk barang dan jasa atau yang lebih kita kenal sebagai impor lebih besar daripada ekspor. Hal ini bisa menyebabkan defisit neraca perdagangan Indonesia dan ini tentu tidak baik.
  • Dampak negatif dari globalisasi lainnya adalah masuk dan beroperasinya perusahaan-perusahaan multinasional di Indonesia yang seharusnya bisa dikelola oleh perusahaan-perusahaan Indonesia atau dalam negeri.
  • Globalisasi memudahkan sumber daya manusia luar negeri masuk dan bersaing dengan sumber daya manusia Indonesia. Hal ini membuat semakin banyak pengangguran untuk orang-orang yang kalah dalam persaingan.
  • Globalisasi juga memungkinkan terjadinya penyelundupan-penyelundupan barang-barang yang didatangkan dari luar negeri. Hal ini sangat merugikan karena tidak ada uang masuk berupa bea dan cukai yang masuk ke negara.
Tentu masih ada banyak lagi dampak-dampak negaitf dari globalisasi dalam bidang ekonomi khsusunya hal-hal yang bisa menjerat negara kita tercinta, Indonesia. Satu hal yang harus kita camkan bahwa kita harus optimalkan dampak positif globalisasi dan meminimalisir dampak negatifnya. Sekian penjelasan singkan mengenai dampak buruk globalisasi dan terima kasih banyak.

0 komentar:

Posting Komentar