Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

6 Nama-nama Provinsi di Pulau Jawa

Tulisan yang satu ini akan membahas mengenai nama-nama provinsi yang ada di Pulau Jawa yang seharusnya sudah kamu ketahui, materi ini tentunya sudah kamu pelajari dalam mata pelajaran Geografi atau Ilmu Pengetahuan Sosial, bukan begitu? Langsung saja kamu baca baik-baik tulisan ini mengenai daftar nama provinsi di Pulau Jawa beserta dengan penjelasan singkatnya, cekidot:

Source : https://www.flickr.com/photos/dany13/6225594869

Nama-nama Provinsi di Pulau Jawa

Mengenali Nama-nama Provinsi di Pulau Jawa

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia, tepatnya pulau terbesar ke-5 di Indonesia dan juga pulau terbesar ke-13 didunia. Meskipun hanya menempati urutan ke-5 pulau terbesar di Indonesia namun pulau ini ditempati oleh 60% bangsa Indonesia, artinya lebih dari 150 juta orang Indonesia tinggal di pulau ini. Namun saat ini kita akan membahas mengenai nama-nama provinsi yang ada di Pulau Jawa, dan inilah nama-nama provinsi tersebut, silahkan disimak:

Baca Juga : 10 Provinsi di Pulau Sumatera
  1. Provinsi Banten, salah satu provinsi baru di Indonesia ini beribukota di Kota Serang. Provinsi Banten resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia pada tanggal 4 Oktober 2000. Provinsi ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 10 juta orang dan luas wilayah hampir 10 ribu kilometer persegi.
  2. Provinsi DKI Jakarta, provinsi ini merupakan provinsi dimana ibukota Indonesia berada, resmi menjadi bagian dari Indonesia pada tanggal 28 Agustus 1961. Provinsi yang hanya memiliki luas wilayah kurang dari seribu kilometer persegi ini dipadati oleh penduduk yang mencapai 10 juta orang.
  3. Provinsi Jawa Barat, provinsi ini memiliki ibukota di Kota Bandung yang dikenal sebagai Parisj Van Java. 9 Juli 1950 merupakan tanggal provinsi ini resmi menjadi bagian dari Indonesia. Provinsi ini berpopulasi lebih dari 43 juta jiwa yang mendiami wilayah sekitar 35 ribu kilometer persegi.
  4. Provinsi Jawa Tengah, provinsi ini memiliki ibukota di Kota Semarang yang terkenal akan kulinernya. 9 Juli 1950 merupakan tanggal dimana provinsi ini resmi menjadi bagian dari Indonesia. Provinsi ini berpopulasi lebih dari 32 juta jiwa yang mendiami wilayah sekitar 34 ribu kilometer persegi.
  5. Provinsi DI Yogyakarta, provinsi ini memiliki ibukota provinsinya di Kota Yogyakarta. Provinsi ini resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia pada tanggal 4 Maret 1950. Provinsi ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 3,3 juta jiwa dengan luas wilayah lebih dari 3 ribu kilometer.
  6. Provinsi Jawa Timur, provinsi ini memiliki ibukota provinsi yang terletak di Kota Surabaya. 9 Juli 1950 merupakan tanggal dimana provinsi ini resmi menjadi bagian dari Indonesia. Provinsi ini berpopulasi lebih dari 37 juta jiwa yang mendiami wilayah sekitar 47 ribu kilometer persegi.
Tulisan Lainnya : 6 Provinsi di Pulau Sulawesi

Kamu hafal kan Nama-nama Provinsi di Pulau Jawa tersebut?

Teman-teman, itulah penjelasan ringkas mengenai nama-nama provinsi di Pulau Jawa beserta dengan nama ibukotanya dan juga tanggal resmi bergabung, jumlah penduduk, serta luas wilayah. Dari ringkasan diatas juga kita mengetahui bahwa Pulau Jawa memiliki 6 provinsi. Semoga tulisan yang satu ini menjadikan kamu hafal mengenai nama-nama provinsi di Pulau Jawa, terima kasih banyak.

2 komentar: