Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Peran Indonesia Dalam ASEAN Harus Kamu Tahu

Ketahuilah bahwa peran Indonesia dalam ASEAN begitu besar dan itu tentunya diakui oleh negara-negara dikawasan Asia Tenggara baik itu negara-negara pendiri ASEAN maupun negara-negara yang masuk seteleh ASEAN berdiri. Dan dalam tulisan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai macam peran Indonesia dalam organisasi ASEAN yang harus kamu tahu, silahkan disimak informasinya.

Peran Indonesia Dalam ASEAN
Source : https://www.flickr.com/photos/28888122@N07/3292794508

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Inilah Berbagai Pernah Indonesia Dalam ASEAN

1. Salah Satu Negara Pendiri ASEAN

Tentunya sudah kamu ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu dari lima negara dikawasan Asia Tenggara yang menjadi pelopor berdirinya organisasi ASEAN. Saat itu Indonesia diwakili oleh menteri luar negerinya yaitu Adam Malik sebagai salah satu tokoh pendiri organisasi tersebut. Peran ini sangat sentral dan sampai saat ini kita masih diakui sebagai negara paling berpengaruh di ASEAN.

2. Memberikan Gagasan Dalam Pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN

Peranan penting lainnya yang pernah dilakukan Indonesia adalah dengan memberikan ide, pikiran atau gagasan dalam hal pembentukan komunitas keamanan Asean yang saat itu dikemukakan oleh menteri luar negeri Republik Indonesia yaitu Hasan Wirajuda. Gagasan seerti ini amat penting dalam hal menangani terorisme, kejahatan transnasional, perampokan, separatisme, dsb.

Baca Juga : Daftar Nama Mata Uang ASEAN

3. Memberikan Gagasan Dalam Menghormati dan Melindungi HAM

Sudah menjadi rahasia umum bahwa HAM senantiasa menjadi isu yang ramai diperbincangkan diberbagai negara, tidak hanya di Indonesia melainkan juga dinegara-negara lainnya yang ada dikawasan Asia Tenggara. Indonesia senantiasa mengajak negara-negara ASEAN lainnya untuk selalu menjunjung tinggi HAM dengan mentaati norma-norma dan aturan-aturan yang ada dinegaranya.

4. Khazanah Budaya Indonesia Adalah Bagian Dari Kebudayaan ASEAN

Ketahuilah bahwa Indonesia memiliki banyak sekali budaya, dan itu tersebar diseluruh pelosok tanah air mulai dari Sabang sampai Merauke. Seluruh budaya yang ada di Indonesia ini tentunya memperkaya khazanah budaya yang ada di ASEAN. Selain itu Indonesia juga turut berperan dalam hal mendukung adanya pertukaran budaya dengan cara pementasan budaya-budaya ASEAN.

5. Mendukung Terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN

Dalam bidang ekonomi, Indonesia sangat mendukung terbentuknya integrasi perekonomian antara negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara yang kita kenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. Tentunya dengan adanya hal ini diharapkan Indonesia bisa bersaing dipasar ASEAN, pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat dan membuka banyak lapangan pekerjaan.

Selain ke-5 peran Indonesia dalam ASEAN yang dijabarkan secara umum diatas, tentunya masih banyak lagi peran Indonesia dikawasan Asia Tenggara ini. Misalnya Indonesia senantiasa digarda terdepan dalam hal menciptakan perdamaian dikawasan, beberapa konflik pernah terjadi antara negara-negara dikawasan Asia Tenggara dan Indonesia juga berperan menengahi konflik tersebut.

Kamu Tahu Peran Indonesia Dalam ASEAN Lainnya? Kamu Bisa Tulis Dalam Kolom Komentar Dibawah Ini, Terima Kasih.

Artikel Lainnya : Jumlah Negara ASEAN

Nah mungkin hanya segitu tulisan mengenai peran Indonesia dalam ASEAN yang seharusnya kamu tahu sebagai pengetahuan, wawasan, atau khazanah yang mungkin bisa membantu kamu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah seputar ASEAN dalam mata pelajaran Geografi. Kami berharap semoga tulisan ringkas ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian yang budiman.

3 komentar: