Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Berbagai Contoh Organisasi Internasional

Tulisan ini mengenai berbagai macam contoh organisasi internasional yang perlu kamu ketahui, pada umumnya organisasi ini adalah perkumpulan negara-negara yang memiliki visi dan tujuan yang sama. Ketahuilah bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dalam berbagai kegiatan organisasi internasional dengan gaya politik luar negerinya yaitu bebas aktif. Dan inilah contoh organisasi internasional yang perlu kamu tahu, silahkan disimak informasinya berikut ini:

Contoh Organisasi Internasional
Source : https://c2.staticflickr.com/2/1423/870658091_35736d2df3.jpg

Contoh Organisasi Internasional

Contoh Organisasi Internasional Yang Harus Kamu Tahu

1. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)

PBB merupakan organisasi internasional yang paling banyak anggotanya yaitu hampir seluruh negara didunia. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 8 Oktober 1945 dan saat ini markas besarnya berada di Kota New York. PBB memiliki 17 lembaga khusus yang memiliki visi, misi dan tujuan tertentu seperti misalnya UNESCO dalam bidang pendidikan, WHO dalam bidang kesehatan, dan yang lainnya.
2. Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC)

OPEC merupakan organisasi yang terdiri dari negara-negara pengekspor minyak bumi yang mayoritasnya adalah negara-negara yang berada dikawasan Timur Tengah seperti misalnya Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan juga Qatar. Sebenarnya Indonesia juga pernah menjadi bagian dari OPEC namun pada tahun 2008 Indonesia mengundurkan diri karena sudah tidak lagi menjadi pengekspor minyak.

3. Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)

APEC merupakan singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation yang artinya Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik. Indonesia merupakan salah satu bagian dari organisasi ini bersama beberapa negara dikawasan Asia Pasifik lainnya seperti Amerika Serikan, China dan yang lainnya. Tujuan dari organisasi ini adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendorong perdagangan bebas.

Artikel Lainnya : Definisi Organisasi Internasional

4. Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)

ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang memiliki arti Perhimpunan Negara-negara dikawasan Asia Tenggara. Indonesia merupakan anggota dari organisasi regional ini sekaligus pendirinya bersama empat negara lainnya yaitu Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina. Tujuannya adalah untuk memajukan ekonomi, politik, sosial dan budya dikawasan Asia Tenggara.

Nah itulah beberapa contoh dari organisasi internasional yang seharusnya kamu ketahui, alangkah lebih baik lagi jika kamu mengenal dan memahaminya lebih dalam. Organisasi-organisasi bertaraf global tersebut adalah organisasi dimana Indonesia menjadi anggotanya walapun saat ini Indonesia sudah tidak menjadi anggota OPEC lagi, setidaknya Indonesia pernah menjadi bagian dan aktif dalam OPEC. Semoga tulisan mengenai contoh organisasi internasional ini bermanfaat untuk kamu semua dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

1 komentar: