Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

5 Contoh Globalisasi Dalam Bidang Budaya

Tulisan yang satu ini akan membahas secara singkat namun jelas mengenai berbagai macam contoh globalisasi dalam bidang budaya, kami akan memberikan contohnya kepada kamu semua setidaknya lima contoh. Contoh yang kami sajikan tentunya sesuai dengan fakta kan mungkin kamu jumpai sendiri dalam kehidupan kamu sehari-hari. Dan inilah 5 contoh globalisasi dalam bidang budaya, so silahkan simak baik-baik informasinya yang berikut ini check this out:

Source : https://www.flickr.com/photos/qqjawe/6511141237

1. Meningkatnya Imigrasi

Bukan sesuatu yang aneh lagi bahwa tiap tahunnya Indonesia kedatangan jutaan orang asing, termasuk turis asing didalamnya. Tentunya mereka membawa budayanya masing-masing dan kita harus bisa menfilter budaya yang masuk.

2. Masuknya Mode-mode Luar Negeri

Salah satu contoh globalisasi dalam bidang budaya adalah masuknya mode-mode luar negeri ke tanah air. Saat ini mode-mode yang sedang trand di Indonesia ini adalah mode-mode dari Korea, Jepang dan tentunya Amerika Serikat.

3. Tumbuh dan Berkembangnya Budaya Asing

Budaya asing yang tumbuh di Indonesia tidak bisa dihindari, salah satunya contohnya adalah budaya KPop dari Korea Selatan. Sisi positifnya harus kita optimalkan, sedangkan sisi negatifnya harus kita buang jauh-jauh dari Indonesia.

4. Terkikisnya Kebudayaan Nasional

Contoh lain dari globalisasi budaya yang sangat disayangkan adalah lunturnya kebudayaan-kebudayaan asli Indonesia. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki kecenderungan lebih suka dengan budaya-budaya asing.

5. Terjadinya Pertukaran Budaya

Salah satu hal yang positif bagi Indonesia dalam globalisasi adalah terjadinya pertukaran budaya antara Indonesia dengan negara-negara lain. Hal ini semakin meningkatkan eksistensi kebudayaan Indonesia dimata internasional.

Nah itulah dia beberapa penjelasan mengenai berbagai contoh globalisasi dalam bidang budaya yang mungkin kita juga mengetahui dan berada disekitar kita. Semoga tulisan singkat mengenai contoh globalisasi dalam bidang budaya ini memberikan manfaat kepada kalian semua, terima kasih banyak.

0 komentar:

Posting Komentar