Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

6 Rumah Adat Tradisional di Pulau Jawa

Rumah adat tradisional di Indonesia begitu banyak dan beranekaragam, sesungguhnya ini adalah nilai-nilai budaya Indonesia yang begitu kaya yang sudah sepatutnya kita jaga dan lestarikan bersama. Disalah satu pulau di Indonesia yaitu Pulau Jawa terdapat 6 rumah adat daerah yang begitu dikenal luas masyarakat, dan inilah penjelasan singkat mengenai ke-6 rumah adat paling terkenal yang ada di Pulau Jawa. Silahkan disimak baik-baik informasi yang berikut ini:

Rumah Adat
Source : https://www.flickr.com/photos/didesainrumah/16212725729

Rumah Adat di Pulau Jawa

6 Rumah Adat di Pulau Jawa Paling Terkenal

  • Rumah Badui, ini merupakan rumah adat tradisional dari Provinsi Banten. Rumah adat daerah seperti ini bisa ditemui didaerah kanekes (Kabupaten Lebak), ini merupakan daerah dimana Masyarakat Badui tinggal.
  • Rumah Kebaya, ini merupakan rumah adat tradisional dari daerah yang menjadi ibukota Indonesia yaitu Jakarta. Salah satu ciri khasnya adalah teras depan rumah yang luas yang bisa digunakan untuk berkumpul.
  • Rumah Kasepuhan, ini merupakan rumah adat daerah dari Provinsi Jawa Barat. Rumah adat seperti ini jarang ditemukan didaerah perkotaan, akalu dipedesaan jumlah rumah tradisional ini masih banyak dijumpai.
  • Rumah Joglo Jawa Tengah, rumah adat ini merupakan rumah adat yang paling terkenal ditelingan masyarakat. Rumah adat ini sering dinilai sebagai tingginya status sosial pemiliknya dikalangan masyarakat.
  • Rumah Joglo Jogja, sebenarnya Joglo merupakan rumah adat dari daerah Jawa termasuk juga daerah Yogyakarta. Namun tentunya rumah adat daerah di Jogja, Jawa Tengah dan Jawa Timur tentu ada perbedaannya.
  • Rumah Joglo Jawa Timur, sama halnya dengan Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah, Jawa Timur pun memiliki rumah adat yang disebut dengan Joglo. Rumah seperti ini banyak dijumpai didaerah Pulau Madura.
Nah itulah ke-6 rumah adat tradisional di Pulau Jawa yang paling terkenal. Sebenarnya secara umum rumah-rumah adat yang ada di Pulau Jawa ini tidak nampak berbeda, namun kalau kita perhatikan secara detail ada perbedaannya walaupun tak terlalu signifikan. Semoga tulisan singkat mengenai 6 rumah adat daerah di Pulau Jawa ini biasa bermanfaat buat kamu semua dan terima kasih.

1 komentar: