Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Pengertian Globalisasi Menurut World Bank

Tulisan ini akan membahas mengenai pengertian globalisasi menurut World Bank atau yang biasa kita dengar sebuatan Bank Dunia. Sebenarnya ada banyak sekali pengertian-pegertian dari globalisasi ini baik yang diutarakan oleh para ahli mapun organisasi-organisasi tertentu. Namun walaupun beberapa pengertian terlihat berbeda namun pada intinya memiliki makna yang sama atau hampir sama. Dan inilah pengertian globalisasi menurut versi World Bank atau Bank Dunia:

Source : https://www.flickr.com/photos/amadousamba/5597225337

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi Menurut World Bank

Pengertian globalisasi menurut World Bank adalah merupakan sebuah pertumbuhan yang saling berketergantungan antara satu negara dengan negara lainnya yang terjadi akibat adanya peningkatan perdagangan, keuangan, orang, ide-ide dalam pasar global (internasional). Perdagangan internasional dan arus investasi merupakan elemen yang penting didalam integrasi ini (maksudnya globalisasi ini).

Perlu diketahui bahwa World Bank merupakan sebuah lembaga keuangan dunia yang memberikan pinjaman kepada negara-negara berkembang misalnya saja Indonesia untuk program pemberian modal yang bisanya digunakan untuk mendanai program pembangunan sebuah negara. Pengertian yang dikemukakan oleh World Bank tidaklah jauh berbeda dengan yang dikemukakan oleh para ahli.

Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Ekonomi

Tentunya ada keterhubungan antara globalisasi dan ekonomi, globalisasi memberikan pengaruh dalam sektor ekonomi baik itu secara global maupun untuk sebuah negara. Dan inilah beberapa pint dari pengaruh globalisasi terhadap dunia ekonomi, silahkan disimak baik-baik informasi berikut ini:
  • Globalisasi membuka keran ekspor dan impor dan memudahkan suatu negara dalam memenuhi kebutuhan negaranya. Selain itu ini juga bisa meningkatkan devisa negara jika ekspor lebih besar daripada impor.
  • Globalisasi memudahkan arus investasi masuk kepada negara-negara, ini tenyu sangat bermanfaat khususnya negara-negara berkembang. Investasi ini digunakan untuk modal dalam pembangunan negara.
  • Globalisasi juga bisa menciptakan daya saing antara manusia, sehingga bisa menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, handal, dan terampil. Tentunya ini sangat baik untuk perusahaan dan juga negara.
Nah itulah kira-kira tulisan singkat mengenai pengertian globalisasi menurut World Bank atau Bank Dunia. Selain itu ada juga penjelasan mengenai pengaruh globalisasi terhadap dunia ekonomi baik itu secara global maupun untuk negara-negara. Mungkin hanya sekian penjelasan mengenai pengertian globalisasi menurut Bank Dunia, semoga tulisannya bermanfaat dan terima kasih banyak.

0 komentar:

Poskan Komentar