Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Profil 8 Negara Asia Timur Beserta Ibukotanya

Asia Timur merupakan salah satu kawasan didalam Benua Asia, luasnya 6,6 juta kilometer persegi atau sekitar 15% dari luas daratan dimuka bumi ini. Kamu perlu mengetahui bahwa populasi penduduk yang ada dikawasan ini sangatlah besar sekali, yaitu sekitar 25% penduduk dunia atau setara dengan 1,5 milyar penduduk. Dan inilah pembahasan mengenai profil negara-negara dikawasan Asia barat, silahkan simak tulisan yang berikut ini baik-baik:

Source : https://www.flickr.com/photos/86684724@N00/5315237506

8 Negara di Asia Timur

Profil 8 Negara di Asia Timur Beserta Ibukotanya

  1. China, negara dengan jumlah populasi terbesar dunia ini beribukota di Kota Beijing. Negara ini memiliki luas wilayah hampir 9,6 juta kilometer persegi dengan populasi sekitar 1,34 milyar penduduk.
  2. Hongkong, salah satu negara kecil di Asia Timur ini beribukota di Kota Hongkong. Luas wilayahnya hanya sekitar 1.104 kilometer persegi dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 7 juta jiwa.
  3. Jepang, negara yang dijuluki dengan negeri matahari terbit ini memiliki ibukota di Kota Tokyo. Jepang memiliki luas wilayah sekitar 378 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 128 juta orang.
  4. Makau, negara kecil lainnya yang ada di Asia Barat ini mempunyai ibukota di Kota Makau. Luas wilayahnya hanya 30 kilometer saja namun jumlah penduduknya mencapai lebih dari 550 ribu juta jiwa.
  5. Mongolia, negara yang bisa masuk dalam kawasan Asia Tengah ini beribukota di Ulan Bator. Luas wilayah negara ini sekitar 1,56 juta kilometer dengan jumlah penduduk sekitar 2,8 juta jiwa.
  6. Korea Utara, negara yang penuh dengan kontroversi ini memiliki ibukota di Kota Pyongyang. Korea Utara memiliki luas wilayah sekitar 120 ribu kilometer dengan jumlah penduduk sekitar 24 juta jiwa.
  7. Korea Selatan, negara yang sedang heboh dengan K-Popnya ini memiliki ibukota di Seoul. Luas wilayahnya tidak mencapai 100 ribu kilometer namun jumlah penduduknya hampir 50 juta jiwa.
  8. Taiwan, negara yang satu ini memiliki ibukota di Kota Taipei. Luas wilayah dari negeri Taiwan yakni hanya sekitar 36 ribu kilometer saja namun jumlah penduduknya bisa mencapai lebih dari 23 juta jiwa.
Nah itulah penjelasan singkat mengenai nama-nama negara yang ada dikawasan Asia Barat beserta dengan nama ibukotanya. Dalam tulisan tersebut juga diterangkan mengenai luas wilayah dan jumlah penduduk dari masing-masing negara yang ada di Asia Barat tersebut. Semoga tulisan yang tidak seberapa ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian dan terima kasih banyak.

0 komentar:

Posting Komentar