Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Dampak Positif Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Tulisan yang satu ini akan membahas mengenai beberapa dampak positif globalisasi dalam bidang ekonomi khususnya bagi negara kita tercinta Indonesia. Tentunya dampak positif ini harus bisa kita optimalkan sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan yang penuh dari terjadinya proses globalisasi seperti yang kira rasakan saat ini. Dan inilah beberapa dampak positif globalisasi dalam bidang ekonomi, silahkan disimak baik-baik informasi berikut ini:

Dampak Positif Globalisasi
Source : https://www.flickr.com/photos/hydrarafa/12102480623

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Beberapa Dampak Positif Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa globalisasi memberikan dampak yang positif terhadap bidang ekonomi khsusunya untuk negeri Indonesia ini. Dan inilah beberapa akibat positif tersebut yang harus kita sadari dan optimalkan:
  • Globalisasi menciptakan pasar global yang bebas sehingga setiap negara bisa memasukinya, tentunya ini merupakan keuntungan bagi Indonesia yang memiliki banyak sekali sumber daya alam. Namun tentu saja alangkah baiknya jika sumber daya alam tersebut diolah dengan baik agar bisa menciptakan value added atau nilah tambah yang menguntungkan.
  • Dampak lainnya dari proses globalisasi adalah terciptanya hubungan antara satu negara dengan negara yang lain didunia ini dengan proses ekspor dan impor. Proses ekspor dan impor dilakukan suatu negara untuk meningkatkan devisa negara dan juga memenuhi kebutuhan negaranya yang tidak bisa didapatkan atau diproduksi didalam negeri, misalnya Gandum di Indonesia.
  • Globalisasi juga bisa membuat atau menciptakan pasar yang lebih luas. Tentu ini merupakan sebuah keuntungan bagi perusahaan-perusahaan multinasional Indonesia untuk mengepakkan sayapnya ke level internasional. Dengan bisa eksis dilevel global diharapkan perusahaan-perusahaan tersebut bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
  • Dampak positif globalisasi dalam bidang ekonomi lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah masuknya arus modal atau investasi ke dalam negeri. Tentunya modal investasi ini digunakan untuk membiayai pembangunan dinegara Indonesia yang diharapkan bermuara kepada kesejahteraan masyarakat misalnya pendapatan masyarakat meningkat dan lainnya.
Nah itulah kira-kira sedikit penjelasan mengenai beberapa dampak positif globalisasi dalam bidang ekonomi yang harus kita ketahui bersama. Tentunya kita berharap agar dampak positif dari globalisasi ini bisa kita optimalkan sehingga kita mendapatkan keuntungan yang penuh dari proses globalisasi ini. Sekian tulisan singkat dari kami, semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

0 komentar:

Posting Komentar