Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Memahami Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia

Tulisan kali ini akan membahas seputar pentingnya globalisasi bagi Indonesia, khususnya untuk hal-hal yang berdampak langsung bagi masyarakat Indonesia. Globalisasi ibarat uang bermata dua, yang satu memberikan dampak positif dan yang lainnya berdampak negatif. Oleh sebab itu kita harus pintar memilah mana yang baik dan itu harus dioptimalkan dan mana yang buruk dan itu harus diminimalisir atau dihilangkan. Dan inilah pentingnya globalisasi bagi Indonesia:

Source : https://www.flickr.com/photos/duke_raoul/2262882022

Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia

Inilah Arti Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia

Dalam bidang ekonomi, era globalisasi ini memberikan dampak yang begitu luar biasa bagi Indonesia. Indonesia bisa mengekspor produk-produk ke luar negeri untuk dijadikan devisa negara dan mengimpor produk-produk luar negeri untuk keperluan didalam negeri. Globalisasi juga bisa memperlancar arus modal investasi yang masuk kedalam negeri yang digunakan untuk pembangunan negara.

Pada sisi lainnya globalisasi memungkinkan perusahaa-perusahaan Indonesia menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing guna memperluas pasar dan tentunya ini berita baik terutama untuk peningkata PDB Indonesia. Selain itu globalisasi juga diharapkan bisa meningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar semakin cerdas, terampil, dan memiliki daya saing ditingkat global.

Selain itu globalisasi juga memiliki peranan yang sangat penting bagi Indonesia misalnya saja dalam bidang sosial. Kita seringkali mendengar atau melihat didalam media berita bahwa bantuan-bantuan sosial seringkali datang ke Indonesia dari luar negeri baik yang bentuknya hibau maupun tidak. Keadaan-keadaan ini umumnya terjadi pada saat Indonesia tertimpa bencana seperti Tsunami 2014.

Baca Juga : Definisi Globalisasi dan Dampaknya

Pentingnya globalisasi bagi Indonesia juga melibatkan bidang lainnya seperti budaya. Globalisasi memudahkan para pelajar Indonesia untuk mendapatkan ilmu pengetahuan melalui teknologi. Selain itu banyak juga pelajar Indonesia yang menuntut ilmu diluar negeri seperti di Amerika Serikat, Eropa, dan Timur Tengah. Dan Indonesia juga sering menggelar pementasan budaya diluar negeri.

Dalam bidang teknologi juga globalisasi memberikan dampak yang besar bagi Indonesia. Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menggunakan teknologi tinggi dari transfer knowledge perusahaan-perusahaan terkemuka luar negeri. Ketahuilah bahwa teknologi yang digunakan diberbagai bidang di Indonesia tidak kalah hebat dengan teknologi yang ada di luar sana.

Teknologi semakin lama semakin memudahkan manusia termasuk orang-orang Indonesia. Saat ini sangat mudah sekali orang-orang untuk berkomunikasi walaupun dipisahkan dengan jarak yang jauh. Saat ini kita mengenai smartphone, tablet, internet, video calling, dan lain  sebagainya. Begitu juga dengan teknologi transportasi yang semakin lama semakin mempermudah manusia dalam mobilitas.

Artikel Lainnya : Pengaruh Positif Globalisasi Terhadap Kehidupan

So, Apa Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia Menurut Kamu?

Nah itulah penjelasan yang dipaparkan secara singkat mengenai arti pentingnya globalisasi bagi Indonesia khususnya dan bagi dunia pada umumnya dalam yang ditinjau dari berbagai macam bidang seperti ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan yang lainnya. Tentunya kami berharap bahwa kamu sekalian bisa mengambil manfaat dari tulisan yang berjudul pentingnya globalisasi bagi Indonesia ini.

1 komentar:

  1. bersiap globalisasi.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus