Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

10 Nama-nama Provinsi di Pulau Sumatera

Tulisan yang satu ini akan membahas secara ringkas namun padat mengenai nama-nama provinsi di Pulau Sumatera, sebagai warga negara Indonesia sekaligus pelajar kamu harus mengetahuinya. Pulau Sumatera adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia yang saat ini (2015) memiliki 10 provinsi. Dan untuk mengetahui daftar nama provinsi di Indonesia beserta dengan penjelasan lengkapnya kamu bisa baca terus tulisan yang satu ini, silahkan disimak tulisan ini.

Nama-nama Provinsi di Pulau Sumatera
Source : https://www.flickr.com/photos/31296582@N05/2933281965

Nama-nama Provinsi di Pulau Sumatera

Mengenali Nama-nama Provinsi di Pulau Sumatera

Pada mulanya Pulau Sumatera hanya ada satu provinsi saja ketika era kemerdekaan yang dikepalai oleh seorang gubernur yang bernama Teuku Mohammad Hassan. Seiring berjalannya waktu provinsi-provinsi yang ada di Pulau Sumatera semakin bertambah dan saat ini jumlahnya menjadi 10 provinsi. Dan inilah daftar provinsi yang ada di Pulau Sumatera beserta dengan penjelasannya.

Baca Juga : 5 Provinsi di Pulau Kalimantan
  1. Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, provinsi ini memiliki ibukota yang terletak di Kota Banda Aceh. Provinsi ini resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia pada 7 Desember 1959. Jumlah penduduk Provinsi ini sekitar 4,5 juta jiwa yang mendiami wilayah sekitar 60 ribu kilometer persegi.
  2. Provinsi Sumatera Utara, provinsi yang satu ini menjadikan Kota Medan sebagai ibukota provinsinya. Sumatera Utara resmi menjadi provinsi di Indonesia pada 29 November 1956. Saat ini jumlah penduduknya mencapai 13 juta jiwa dengan luas wilayah yang mencapai 73 ribu kilometer persegi.
  3. Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang adalah ibukota dari provinsi ini dan secara resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia pada tanggal 9 Agustus 1957. Sumatera Barat memiliki jumlah penduduk yang mencapai 5 juta jiwa dan luas wilayahnya lebih dari 42 ribu kilometer persegi.
  4. Provinsi Riau, provinsi yang satu ini memiliki ibukota yang terletak di Kota Pekanbaru. Provinsi Riau resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia pada tanggal 9 Agustus 1957. Jumlah penduduk provinsi ini lebih dari 5,5 juta jiwa yang mendiami wilayah hampir 95 ribu kilometer persegi.
  5. Provinsi Kepulauan Riau, provinsi ini menjadikan Tanjung Pinang sebagai ibukota provinsinya. Kepulauan Riau resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia tanggal 25 Oktober 2012. Jumlah penduduknya sekitar 1,3 juta dengan luas wilayah 8 ribu kilometer persegi.
  6. Provinsi Jambi, merupakan salah satu provinsi yang ada di Sumatera dengan ibukotanya yaitu Kota Jambi. Provinsi yang satu ini resmi menjadi sebuah provinsi pada tanggal 9 Agustus 1957. Saat ini jumlah penduduknya lebih dari 3 juta jiwa dengan luas wilayah lebih dari 53ribu kilometer persegi.
  7. Provinsi Bengkulu, provinsi ini memiliki ibukota provinsinya yang terletak di Kota Bengkulu. Indonesia mengakui provinsi yang satu ini dengan resmi pada tanggal 18 November 1968. Menurut BPS jumlah penduduk Provinsi ini lebih dari 1,7 juwa jiwa dengan wilayah hampir 20 ribu kilometer persegi.
  8. Provinsi Sumatera Selatan, salah satu provinsi di Pulau Sumaera ini memiliki ibukota di Kota Palembang. Sumsel resmi menjadi provinsi di Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1950. Provinsi ini memiliki jumlah penduduk sekitar 7,5 juta jiwa dengan luas wilayah 85 ribu kilometer persegi.
  9. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, salah satu provinsi baru di Indonesia ini beribukota di Kota Pangkal Pinang dan secara resmi menjadi provinsi pada tanggal 21 November 2000. Jumlah penduduknya lebih dari 1 juta jiwa dan luas wilayahnya lebih dari 16 kilometer persegi.
  10. Provinsi Lampung, provinsi paling selatan di Pulau Sumatera ini memiliki ibukota yang bernama Bandar Lampung, resmi menjadi sebuah provinsi pada tanggal 18 Maret 1964. Jumlah penduduknya lebih dari 7,6 juta jiwa dan luas wilayahnya lebih dari 35 ribu kilometer persegi
Tulisan Lainnya : 6 Provinsi di Pulau Sulawesi

Kamu hafal kan Nama-nama Provinsi di Pulau Sumatera tersebut?

Nah itulah nama-nama provinsi di Pulau Sumatera beserta dengan nama ibukotanya dan juga penjelasan mengenai tanggal resmi menjadi provinsi, jumlah penduduk dan total luas wilayah. Dari penjelasan tersebut kita mengetahui bahwa jumlah provinsi di Sumatera ada 10 setelah bertambah dari hanya satu provinsi pada era kemerdekaan. Semoga tulisan ini membuat kamu hafal tentang daftar nama provinsi yang ada di Pulau Sumatera.

7 komentar: