Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

5 Nama-nama Provinsi di Pulau Kalimantan

Tulisan yang satu ini kita akan menerangkan secara singkat namun jelas mengenai nama-nama provinsi di Pulau Kalimantan yang tentu saja baiknya kamu ketahui, materi ini tentunya terdapat dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau Geografi. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasannya yang berikut ini mengenai daftar nama provinsi yang ada di Pulau Kalimantan:

Source : https://www.flickr.com/photos/jajay/759134183

Nama-nama Provinsi di Pulau Kalimantan

Mengenali Nama-nama Provinsi di Pulau Kalimantan

Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia dan pulau ke-3 terbesar didunia, pulau ini merupakan wilayah dari tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Untuk Indonesia sendiri pada awal kemerdekaan Pulau Kalimantan hanya ada satu provinsi saja namun saat ini jumlah provinsi di Pulau Kalimantan ada lima. Dan dibawah ini adalah nama-nama provinsi di Pulau Kalimantan beserta dengan penjelasannya yang padat, silahkan disimak baik-baik infonya:

  1. Provinsi Kalimantan Barat, provinsi yang beribukota di Kota Pontianak ini menjadi bagian dari provinsi di Indonesia pada tanggal 7 Desember 1956. Saat ini diperkirakaan jumlah penduduk yang ada diprovinsi ini mancapai 4,4 juta jiwa dengan luas wilayahnya yang mencapai 115 ribu kilometer persegi.
  2. Provinsi Kalimantan Tengah, provinsi yang resmi menjadi bagian dari NKRI pada tanggal 2 Juli 1958 ini memiliki ibukota provinsi di Kota Palangkaraya. Menurut data yang ada jumlah penduduk Kalimantan Tengah sekitar 2,2 juta jiwa yang mendiami wilayah seluas 153 ribu kilometer persegi.
  3. Provinsi Kalimantan Selatan, provinsi yang menjadikan Kota Banjarmasin sebagai ibukotanya ini resmi menjadi bagian dari provinsi di Indonesia pada tanggal 7 Desember 1956. Saat ini jumlah penduduknya sekitar 3,6 juta jiwa dengan luas wilayahnya sekitar 36 ribu kilometer persegi saja.
  4. Provinsi Kalimatan Timur, provinsi yang memiliki ibukota di Kota Samarinda ini menjadi bagian dari Indonesia pada tanggal 2 Juli 1958. Menurut sumber yang ada saat ini jumlah penduduk provinsi tersebut sekitar lebih dari 2,8 juta jiwa dan luas daerahnya mencapai 194 ribu kilometer persegi.
  5. Provinsi Kalimatan Utara, salah satu provinsi baru di Indonesia ini beribukota di Tanjung Selor dan resmi menjadi sebuah provinsi pada tanggal 25 Oktober 2012. Provinsi Kalimantan Utara jumlah penduduk sekitar 622 ribu jiwa dengan total luas wilayah sekitar 71 ribu kilometer persegi.
Tulisan Lainnya : 6 Provinsi di Pulau Jawa

Tentu Kamu hafal kan Nama-nama Provinsi di Pulau Kalimatan tersebut?

Kawan-kawan, itulah penjelasan singkat mengenai daftar nama provinsi di Pulau Kalimatan beserta dengan nama ibukotanya dan juga tanggal resmi bergabung, jumlah penduduk, serta luas wilayah. Dari ringkasan diatas juga kita mengetahui bahwa Pulau Kalimantan memiliki 5 provinsi. Semoga tulisan yang satu ini menjadikan kamu hafal mengenai provinsi-provinsi di Pulau Kalimatan.

2 komentar: