Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Dampak Positif Globalisasi Terhadap Kehidupan Dunia

Dampak positif globalisasi bagi kehidupan dunia tentu ada banyak sekali seperti yang telah kita ketahui bersama. Oleh sebab itu kita harus bisa mengoptimalkan efek positif dari globalisasi ini untuk kemaslahatan kita semua yang ada dibumi yang kita cintai ini. Dan inilah tulisan mengenai berbagai amcam dampak positif globalisasi terhadap kehidupan dunia, silahkan disimak baik-baik infonya.

Dampak Positif Globalisasi
Source : https://www.flickr.com/photos/naradharma/6885959048/

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai efek positif dari globalisasi, ada baiknya kita mengenali pengertian dari globalisasi itu sendiri. Pengertian globalisasi menurut Martin Albrow dan Elizabeth King adalah semua yang menyatukan penduduk dunia menjadi satu masyarakat dunia yang tunggal. Perlu diketahui bahwa keduanya adalah sosiolog yang begitu terkenal dari Inggris.

Sedangkan pengertian yang dinyatakan oleh media Wikipedia yang merupakan situs ensiklopedia online terbesar saat ini adalah sebuah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek budaya lainnya. Dengan adanya globalisasi seperti ini dunia seolah-olah menjadi dekat dan tidak ada pemisah antara tempat yang berbeda.

Baca Juga : Berbagai Macam Dampak Negatif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi Bagi Kehidupan

1. Informasi Semakin Mudah Didapatkan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa globalisasi sangat berpengaruh positif terhadap keterbukaan informasi, dimulai dengan kemunculan media-media cetak hingga saat ini teknologi internet yang semakin berkembang. Saat ini mudah sekali kita untuk meng-update informasi, informasi apapun bisa sampai kepada kita dari gadget yang ada ditangan kita misalnya saja seputar pendidikan, pengetahuan, dll.

2. Komunikasi Semakin Mudah dan Cepat

Dampak positif lainnya yang bisa kita rasakan dari globalisasi adalah kemudahkan dalam komunikasi, selain itu aksesnya pun semakin cepat dan murah. Dahulu untuk menyampaikan pesan dari satu tempat ke tempat lainnya butuh berhari-hari lamanya dengan menggunakan kurir, namun saat ini hanya hitungan menit bahkan detik kita sudah bisa berkomunikasi dengan orang lain walaupun jauh jaraknya.

3. Pesatnya Perkembangan Ilmu Pengatahuan dan Teknologi.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa efek positif dari globalisasi ini bisa membuat semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi didunia ini khususnya lagi dinegara berkembang seperti Indonesia. Tidak sedikit orang Indonesia yang menimba ilmu dinegara-negara maju yang nantinya ilmunya akan diaplikasikan disini, begitu juga dengan transfer knowledge perusahaan asing.

4. Perkembangan Perekonomian yang Semakin Menggeliat.

Salah satu dampak positif kehadiran globalisasi bagi perekonomian adalah semakin berkembang dan menggeliatnya perekonomian sebuah negara, hal ini tentunya dikarenakan semakin banyak modal yang masuk ke sebuah negara tersebut misalnya uang, teknologi, sumber daya, dan yang lainnya. Hal ini tentunya baik untuk membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran.

5. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Pengaruh positif dari globalisasi yang sebelumnya dibahas adalah meningkatkan perekonomian sebuah negara yang pada akhirnya dapat membuat peningkatan terhadap taraf hidup masyarakat. Keadaan yang seperti ini akan membuat negara semakin aman, damai, dan tentram karena bisa menurunkan tingkat kriminalitas dinegara tersebut seperti pencurian, pembunuhan, korupsi, dan lainnya.

6. Membuat Pasar yang Lebih Luas

Dalam bidang ekonomi atau bisnis, globalisasi begitu memberikan pengaruh yang besar salah satunya diantaranya lagi adalah dapat membuka pasar yang lebih luas lagi. Dengan kondisi ini diharapkan Indonesia bisa berbicara banyak dengan mengekspor produk-produk dalam negari ke dunia internasional sehingga dapat membuat surplus neraca perdagangan kita dan tentunya baik untuk ekonomi kita.

7. Berkembangnya Dunai Pariwisata (Turisme)

Globalisasi sangat berdampak positif bagi perkembangan dunia pariwisata dan turisme di suatu negara, tak terkecuali di Indonesia. Tempat-tempat wisata di Indonesia semakin dikenal masyarakat dunia lewat berbagai macam teknologi seperti internet misalnya. Ketahuilah bahwa banyak sekali tempat-tempat wisata didaerah terpencil di Indonesia yang dikunjungi turis asing karena hal ini.

Artikel Lainnya : Mengenali Arti Dan Ciri-ciri Globalisasi

Bagaimana Menurut Kamu Dampak Positif Globalisasi Bagi Indonesia?

Nah itulah pembahasan mengenai dampak positif globalisasi terhadap kehidupan dunia termasuk diantaranya bagi Indonesia. Dalam tulisan kali ini juga dijelaskan pengertian dari globalisasi itu sendiri baik dari ahlinya ataupun dari media. Semoga tulisan yang begitu ringkas ini bisa memberikan manfaat ilmu dan pengetahuan kepada kalian semua para pembaca yang budiman, terima kasih banyak.

1 komentar:

  1. Asalkan kita dapat memfilter mana yang terbaik untuk kita, Insya Allah dampak negatif globalisasi akan jauh kepada kita.

    BalasHapus