Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Memahami Arti dan Ciri-ciri Globalisasi

Tulisan ini akan membahas mengenai arti dan ciri-ciri globalisasi yang sebenarnya bagitu penting untuk kita ketahui dan pahami. Untuk definisi dari globalisasi itu sendiri ada banyak sekali, baik yang dikemukakan oleh media maupun oleh para ahli. Sedangkan untuk ciri-ciri dari globalisasi sejatinya telah kita rasakan bersama, kita tentu merasakan bahwa saat ini dunia seolah-olah menjadi sempit dan dekat.

Arti dan Ciri-ciri Globalisasi
Sumber : https://www.flickr.com/photos/74068232@N04/6755833721

Ya, benar sekali bahwa seolah-olah dunia ini menjadi sempit dan dekat. Saat ini kita mudah sekali berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain yang berada jauh dengan kita misalnya diluar negeri yang jaraknya ratusan bahkan ribuah kilometer dari rumah kita. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas ulasan mengenai arti dan ciri-ciri globalisasi berikut ini, silahkan disimak baik-baik infonya.

Arti dan Ciri-ciri Globalisasi

Memahami Arti Globalisasi Menurut Media dan Ahlinya

Untuk memahami arti dari globalisasi kami mengutip pengertian globalisasi yang dituangkan dalam halaman Wikipedia. Dalam situs tersebut dikemukakan bahwa definisi dari globalisasi adalah proses integrasi global yang terjadi karena pertukaran pandangan politik, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Itulah arti singkat dari globalisasi yang ditulis didalam halaman Wikipedia.

Seorang ahli dalam hal ini asal Indonesia yang bernama Achmad Suparman memberikan arti globalisasi sebagai suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu didunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah. Beliau mengemukakan bahwa globalisasi membuat sesuatu itu bersifat global (mendunia) tanpa adanya batas-batas kewilayah tertentu (seolah tidak berjarak).

Faktor Pendorong Globalisasi

Sebelum membahas mengenai ciri-ciri globalisasi ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa yang menjadi faktor pendorong dari globalisasi itu sendiri. Dan inilah beberapa faktor yang menjadi pendorong globalisasi, silahkan disimak informasinya berikut ini dengan baik, cekidot:
  • Teknologi informasi, berkembangnya teknologi informasi yang semakin hari semakin pesat misalnya saja komputer, satelit, internet, dan yang lainnya.
  • Teknologi komunikasi, begitu juga dengan teknologi komunikasi yang semakin lama semakin memudahkan manusia seperti misalnya handphone.
  • Transportasi, munculnya transportasi yang semakin lama semakin canggih membuat manusia mudah bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

Ciri-ciri Globalisasi

Nah inilah tulisan mengenai ciri-ciri globalisasi yang seharusnya kamu tahu, oleh sebab itu simak baik-baik ulsannya mengenai hal tersebut berikut ini, cekidot:

1. Perubahan Dalam Konsep Ruang Dan Waktu

Kita tentunya mengetahui bahwa saat ini teknologi semakin canggih, begitupun dengan produk-produk teknologi tersebut misalnya saja gandphone, satelit, internet dan yang lainnya. Dengan menggunakan teknologi-teknologi tersebut seolah-olah kita menjadi dekat dan proses komunikasi semakin cepat. Bandingkan dengan dulu yang komunikasi membutuhkan waktu lama misalnya dengan surat.

2. Meningkatnya Ekonomi Global

Karakteristik lainnya yang terjadi dari adanya globalisasi adalah meningkatnya ekonomi internasional. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor misalnya saja perdagangan internasional yang dilakukan oleh berbagai macam negara, peningkatan pengaruh dari berbagai perusahaan multinasional (lintas negara) dan juga dominasi dari organisasi semacam World Trade Organization (WTO).

3. Meningkatnya Interaksi Budaya

Terjadinya globalisasi bisa kita rasakan dengan adanya ciri-ciri globalisasi yang satu ini, ya ini adalah meningkatnya interaksi budaya. Hal tersebut bisa terjadi karena perkembangan media massa misalnya saja televisi, film, musik, acara olahraga dan yang lainnya. Saat ini kita bisa mendapatkan pengetahuan mengenai hal itu dengan mudanya misalnya mengenai gaya hidupnya, makanannya, dll.

Tentu masih banyak ciri-ciri atau karakteristik dari globalisasi itu sendiri, misalnya saja permasalahan global yang ditangani secara bersama-sama, contohnya adalah global warming, krisis global, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lainnya mengenai karakteristik dan ciri-ciri dari globalisasi itu sendiri kamu bisa mencarinya di mesin pencari Google dengan mengentikkan kata kunci.

Artikel Lainnya : Faktor-faktor Pendorong Globalisasi

So, Sekarang Kamu Tahukan Arti dan Ciri-ciri Globalisasi?

Nah itulah pembahasan singkat mengani arti dan ciri-ciri globalisasi yang seharusnya kamu tahu sebagai referensi atau bahan untuk mengerjakan tugas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan globalisasi. Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat kepada kalian semua khusunya menambah khazanah pengetahuan kamu seputar penetahuan umum dan sosial khusunya globalisasi.

0 komentar:

Posting Komentar