Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Pengertian Globalisasi Serta Pengaruhnya Bagi Kehidupan

Inilah tulisan mengenai pengertian globalisasi serta pengaruhnya bagi kehidupan dunia yang wajib kamu tahu. Kata atau istilah globalisasi merupakan sesuatu yang tidak asing lagi ditelinga kita, kata atau istilah ini banyak kita lihat atau dengar diberbagai macam media seperti televisi, radio, buku, internet, koran, majalah dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih jelas lagi seputar pengertian globalisasi dan pengeruhnya terhadap kehidupa, maka simak baik-baik info berikut ini.

Pengertian Globalisasi
Source : https://www.flickr.com/photos/74068232@N04/6755833721

Pengertian Globalisasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kehidupan

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi Menurut Wikipedia

Wikipedia sebagai ensiklopedia online terbesar dan terpopuler dijagat internet raya memberikan pengertian globalisasi sebagai sebuah proses intergrasi internasional yang muncul dikarenakan adanya pertukaran pandangan dunia (hal ini mencakup ilmu pengetahuan dan pandangan masyarakat dunia), produk-produk, ide-ide, dan berbagai macam aspek seputar kenidupan sosial dan kebudayaan lainnya.

Terjadinya globalisasi didunia ini telah kita rasakan misalnya dengan adanya kemajuan dalam bidang transportasi dan telekomunikasi yang perkembangannya begitu pesat, mulai dari awal kemunculan telegraf hingga zaman sekarang yang tidak bisa lepas dari teknologi internet. Globalisasi bagaikan pisau bermata dua, kehadirannya tidak hanya memberikan manfaat yang besar tetapi bisa juga berdampak negatif. Oleh karena itu, kita harus bisa mengoptimalkan dampak baiknya dan meminimalisir dampak buruknya bagi kehidupan dunia.

Baca Juga : Dampak Positif Globalisasi Bagi Dunia

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

"Globalisasi memiliki dimensi ideologi dan teknologi, dimensi ideologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas sedangkan teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia."
kaat-kata tersebut dikemukaan oleh Thomas L. Friedman yang mendefiniskan globalisasi itu sendiri. Thomas L. Friedman merupakan salah satu tokoh media paling berpengaruh abad ini, beliau adalah seorang jurnalis, kolumnis dan pengarang buku asal Amerika Serikat. Beliau telah banyak mengeluarkan buku-buku bagus dan laris dipasaran, dan yang paling fenomenal adalah bukunya yang berjudul "The World is Flat" yang terbit perdana pada tahun 2005.
"Globalisasi menyangkut seluruh proses yang menyatukan penduduk dunia menjadi satu masyarakat dunia yang tunggal."
Itu merupakan pengertian globalisasi menurut seorang Martin Albrow, beliau adalah seorang pakar atau ahli sosiologi yang berasal dari Inggris Raya. Selain itu, beliau juga seorang pengajar (dosen) tamu dibeberapa kampus ternama didunia ini, dan juga penulis buku populer khususnya buku-buku mengenai sosiologi.
"Sebuah proses yang menjadikan sesuatu baik benda maupun perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah."
Itu merupakan definisi dari sebuah globalisasi yang dikemukan oleh seorang tokoh Indonesia yang bernama Achmad Suparman. Secara umum pengertian dari globalisasi yang diungkapkan oleh beliau sama dengan pengertian yang dikemukakan tokoh-tokoh dunia dan media yaitu bumi ini seolah-olah menjadi satu kesatuan yang begitu dekat dan tidak dibatas oleh wilayah tertentu (tanpa jarak).

Artikel Lainnya : Dampak Negatif Globalisasi Bagi Dunia

Pengaruh Globalisasi Terhadap Kehidupan

Pengaruh Positif Globalisasi Terhadap Kehidupan

Dalam bidang sosial budaya ini globalisasi telah memberikan pengaruh positif seperti misalnya pertukaran pelajar antar negara-negara didunia ini yang tentunya saling memberikan manfaat, penegakkan atas Hak-hak Azasi Manusia (HAM), memupuk rasa solidaritas antarbangsa dari berbagai macam negara didunia, dll.

Untuk bidang ekonomi pengaruh positif globalisasi sangat dirasakan misalnya saja aliran dana atau modal mengalir kedalam negeri yang bisa digunakan untuk mempercepat atau memperlancar pembangunan negara, selain itu investasi asing juga bisa membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi jumlah pengangguran.

Dalam segi perpolitikan juga ada pengaruhnya yang berimbas kedalam dunia politis dalam negeri misalnya saja sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia ini semakin lama semakin baik bahkan diakui dunia bahwa Indonesia memiliki sistem demokrasi yang baik, selain itu juga meningkatkan kerjasama diplomatik negara.

Selain itu globalisasi juga memberikan pengaruh yang luar kepada ilmu pengetahuan dan teknologi dan ini merupakan pengaruh yang paling terasa kepada setiap orang. Teknologi semakin memudahkan manusia dalam beraktivitas serta teknologi bisa menghubungkan dunia yang seolah-olah menjadi begitu dekat.

Pengaruh Negatif Globalisasi Terhadap Kehidupan

Dalam bidang sosial budaya globalisasi juga memberikan pengaruh negatif yang harus kita hindari bersama atau kalau bisa kita hilangkan saja misalnya merebaknya sifat individualitis dan ingin menang sendiri, hilangnya gotong royong dalam masyarakat Indonesia serta semakin lebarnya jurang kesenjangan sosial.

Untuk bidang ekonomi ada juga pengaruh negatifnya yang datang ke Indonesia misalnya saja semakin banyak masuknya arus barang-barang dari luar negeri yang menyebabkan Indonesia mengalami defisit neraca pembayaran, selain itu banyak sumber-sumber daya alam Indonesia yang dinikmati atau dikuasai oleh asing.

Dalam segi perpolitikan dinegari ini juga ada penagruhnya dari globalisasi dunia, misalnya saja ancaman-ancaman disintegrasi bangsa (kita bisa berkaca dari lepasnya Timor Timur dari pangkuan NKRI), kemudian seringkali kita lihat demonstarsi yang hampir terjadi disetiap daerah yang mudharatnya lebih banyak.

Kemudian ada juga pengaruh negatif dari globalisasi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang seharusnya bisa kita hindari atau kalau bisa kita hilangkan seperti misanya ketergantungan akan teknologi, kecanduan akan teknologi, meningkatnya tindak kriminalitas yang menggunakan teknologi, dan banyak lagi.

Bagaimana Menurut Kamu Seputar Pengaruh Negatif Globalisasi?

Nah itulah pembahasan mengenai pengertian globalisasi dan pengarunya terhadap kehidupan dimuka bumi ini. Untuk pengaruh positifnya semoga bisa kita optimalkan dari waktu ke waktunya dan untuk pengaruh negatifnya semoga bisa kita kikis sedikit demi sedikit atau kalau bisa kita hilangkan saja sekalian. Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat untuk kamu para pembaca yang budiman.

3 komentar:

  1. tergantung seseorang bagaimana memanfaatkan globalisasi. bisa positif maupun negatif. semuanya kembali ke diri sendiri

    BalasHapus
  2. gloalisasi membuat kehidupan serba mudah. kitapun harus bijaksana dalam menyikapi dampak globalisasi.

    BalasHapus
  3. Oh jadi itu toh arti dari globalisasi thank gan atas infonya,izin share gan.

    BalasHapus