Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Mengenali Pengertian, Sejarah, dan Tujuan ASEAN

Tulisan yang satu ini akan membahas mengenai pengertian, sejarah, dan tujuan dari ASEAN yang sebenarnya sangat sering diulas atau dibahas dalam mata pelajaran sejarah dibangku sekolah. ASEAN merupakan sebuah wadah bagi negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara dalam membentuk kerjasama secara regional dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, budaya, keamanan dan lain sebagainya. Langsung saja mari kita bahasa mengenai pengertian, sejarah dan tujuan ASEAN, silahkan disimak informasinya baik-baik.

Pengertian, Sejarah, dan Tujuan ASEAN
Sumber : https://www.flickr.com/photos/10484270@N06/3115227593/

Mengenali Pengertian, Sejarah, dan Tujuan ASEAN

Pengertian ASEAN

Pengertian ASEAN yang merupakan sebuah akronim dari Association of Souteast Asian Nations adalah Perhimpunan Negara-negara yang Berada dikawasan Asia Tenggara. Organisasi ASEAN yang pada awalnya hanya berjumlah lima negara saja sekarang sudah tumbuh berkembang menjadi 10 negara antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Laos dan Kamboja dimana lima negara pertama adalah pendirinya.

ASEAN merupakan sebuah organisasi internasional kewilayahan yang begitu besar, jika dijumlahkan secara keseluruhan luas wilayahnya mencapai 1,7 juta mil persegi atau sekitar 4,5 juta kilometer persegi dengan jumlah populasi yang ada didalamnya sekitar setengah milyar orang. ASEAN dibentuk dengan maksud dan tujuan kepentingan negara-negara didalamnya seperti ekonomi, sosial, budaya, dll.

Baca Juga : Latar Belakang dan Sejarah ASEAN

Sejarah ASEAN

ASEAN yang merupakan sebuah perhimpunan negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Bangkok, Thailand yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok. Deklarasi ini dihadiri oleh lima negara yang disebut juga dengan negara pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thalaind dan juga Filipina. Wakil-wakil dari ke-5 negara tersebut antara lain Adam Malik (indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), Thanat Khoman (Thaialand), dan Narciso Ramos (Filipina).

Tujuan ASEAN

Inilah tujuan ASEAN yang tercantum didalam Deklarasi Bangkok
To accelerate the economic growth, social progress and cultural development in the region through joint endeavours in the spirit of equality and partnership in order to strengthen the foundation for a prosperous and peaceful community of South-East Asian Nations.
Untuk mempercepat pertumbuhan ekonimi, kemajuan sosial dan pengembangan budaya dalam kawasan (ASEAN) melalui usaha-usaha bersama didalam semangat kesetaraan dan kebersamaan didalam memperkuat pondasi untuk kesejahteraan dan perdamaian negara-negara dikawasan Asia Tenggara.
To promote regional peace and stability through abiding respect for justice and the rule of law in the relationship among countries of the region and adherence to the principles of the United Nations Charter.
Untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas dalam kawasan dengan menghormati keadilan dan supremasi hukum didalam hubungan diantara negara-negara dalam satu kawasan dan kepatuhan terhadap piagam PBB.
To promote active collaboration and mutual assistance on matters of common interest in the economic, social, cultural, technical, scientific and administrative fields.
Untuk mempromosikan kolaborasi secara aktif dan saling membantu dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama seperti ekonomi, sosial, budaya, teknik, ilmu pengetahuan dan juga dalam bidang-bidang administrasi.
To provide assistance to each other in the form of training and research facilities in the educational, professional, technical and administrative spheres.
Untuk memberikan bantuan satu sama lain dalam hal fasilitas-fasilitas pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, pekerjaan/profesi, teknik dan administrasi.
To collaborate more effectively for the greater utilization of their agriculture and industries, the expansion of their trade, including the study of the problems of international commodity trade, the improvement of their transportation and communications facilities and the raising of the living standards of their peoples.
Untuk berkolaborasi lebih efektif dalam pemanfaatan dengan lebih baik dalam bidang pertanian dan industri, memperluas perdagangan, termasuk mempelajari masalah-masalah dalam perdagangan komositas internasional, pengembangan sistem transportasi dan fasilitas-fasilitas komunikasi dan meningkatkan standar hidup untuk orang-orang atau masyarakat yang berada didalam kawasan ASEAN.
To promote South-East Asian studies.
Untuk mempromosikan sistem pendidikan di Asia Tenggara.
To maintain close and beneficial cooperation with existing international and regional organizations with similar aims and purposes, and explore all avenues for even closer cooperation among themselves.
Untuk menjaga kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan organisasi-organisasi internasional dan regional yang sudah ada sebelumnya yang memiliki kesamaan visi dan tujuan, dan mengeksplor semua jalan untuk kerjasama yang lebih erat diantara mereka (organisasi-organisasi tersebut).

Itu adalah tujuh tujuan didirikannya ASEAN yang masuk dalam Deklarasi Bangkok yang disepakati pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Thailand, Bangkok.

Itulah Pengertian, Sejarah, dan Tujuan ASEAN

Artikel Lainnya :  Tokoh dan Negara Pendiri ASEAN

Nah itulah tulisan yang singkat mengenai pengertian, sejarah, dan tujuan ASEAN yang mungkin bisa bermanfaat untuk kamu dalam menyelesaikan tugas sekolah kamu. Tentunya kita berharap semoga visi atau tujuan terbentuknya ASEAN yang tercantum dalam Deklarasi Bangkok ini bisa segera tercapai. Dan semoga juga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu-kamu semua para pembaca yang budiman.

6 komentar:

  1. tolong diberikan atau dicantumkan dimana agan mengkutip atau mendapatkan informasi gan

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat kak :D Makasih yah Info Update nya :)

    BalasHapus
  3. Sangat membantu sejarah singkat ASEAN ini..
    Keep Up a Good Jobs :)

    BalasHapus
  4. Sangat membantu untuk mengenal sejarah singkat tentang ASEAN..Keep Up a Good Jobs!!

    BalasHapus
  5. Sangat membantu untuk lebih mengenal sejarah singkat ASEAN..Great Jobs!!

    BalasHapus