Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Mengenali Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Indonesia merupakan salah satu negara anggota ASEAN, ini merupakan salah satu aktualisasi politik luar negeri bebas aktif yang dilakukan oleh Indonesia. Bebas aktif itu sendiri maksudnya bebas tidak memilih sekutu baik blok barat maupun blok timur, dan aktif dalam berbagai kegiatan internasional. Untuk mengetahui negara-negara ASEAN lainnya, simak informasinya berikut ini dengan baik-baik.
Source : https://www.flickr.com/photos/diaz/15228630071

Mengenal Lebih Dekat Seputar ASEAN

Pengertian, Sejarah, dan Tujuan ASEAN

ASEAN merupakan sebuah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang arti dalam bahasa Indonesianya adalah Perhimpunan Bangsa-bangsa di Asia Tenggara (Perbara). Organisasi internasional ini merupakan organisasi geo-politik dan juga ekonomi negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara.

Organisasi internasional ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1965 di Kota Bangkok Thailand oleh 5 negara pendiri ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan juga Thailand. ASEAN terus berkembang dari masa ke masa dan saat ini telah beranggotakan 10 negara, satu calon negara anggota, dan satu negara pengamat (masing-masing adalah Timor Leste dan Papua New Guinea).

Tujuan negara-negara dikawasan Asia Tenggara membentuk ASEAN adalah untuk meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi, kemajuan dalam bidang sosial, pengembangan kebudayaan masing-masing negara, memajukan perdamaian dan stabilitas didalam kawasan serta membahas keanekaragaman secara damai.

Baca Juga : Mengenali Pengertian, Sejarah, dan Tujuan ASEAN

Negara Anggota ASEAN

Inilah Profil 10 Negara Anggota ASEAN

1. Indonesia

Indonesia merupakan salah satu dari lima negara pemrakarsa ASEAN, negara ini memiliki luas daratan hampir dua juta kilometer persegi dengan jumlah penduduk seperempat milyar orang. Indonesia merupakan negara di ASEAN yang masuk kedalam G20 dengan PDB perkapitanya hampir 5 ribu dollar AS. Negara yang berdiri pada 17 Agustus ini memiliki lagu kebangsaan Indonesia Raya.

2. Malaysia

Negara yang berada disebelah utara negara Indonesia ini juga merupakan salah satu pemrakarsa berdirinya ASEAN.  Malaysia beribukota di Kuala Lumpur dengan luas wilayah 1/3 juta kilometer persegi dan jumlah penduduk lebih dari 30 juta jiwa. Negara yang merdeka pada 31 Agustus 1957 ini mayoritas berbahasa melayu dan mata uang yang resmi dipergunakan di Malaysia adalah Ringgit.

3. Thailand
  
Salah satu negara yang mendirikan ASEAN adalah Thailand yang saat itu diwakili oleh Thanat Khoman. Negara yang beribukota di Kota Bangkok ini memiliki luas negara setengah juta kilometer persegi dan jumlah penduduk lebih dari 67 juta jiwa. Keunikan dari Thailand adalah merupakan satu-satunya negara yang berada dikawasan Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara manapun.

4. Filipina

Filipina merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang saat ini diwakili oleh Narciso Ramos. Negara kepulauan yang berada diutara Indonesia ini beribukota di Kota Bangkok dengan luas wilayahnya 300 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk lebih dari 100 juta jiwa. Pada umumnya bahasa yang digunakan disana adalah Tagalog dan Inggris, sedangkan mata uang resminya adalah Peso.

5. Singapura

Negara kecil namun kaya ini juga merupakan negara pendiri ASEAN yang saat itu dideklarasikan pada 8 Agustus 1967. Luas negaranya tidak lebih dari 700 kilometer persegi tetapi jumlah penduduknya tergolong padat yaitu lebih dari 5,5 juta jiwa. Negara yang merdeka pada tanggal 9 Agustus 1965 ini memiliki bahasa mayoritas inggris, tamil, mandarin, melayu sedangkan mata uangnya adalah Dollar Singapura.

6. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan negara pertama (diluar pemrakarsa) yang menjadi anggota ASEAN setelah berdirinya pada tahun 1967. Negara yang beribukota di Bandar Sri Begawan ini memiliki luas wilayah tidak lebih dari 6 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk kurang dari 500 ribu jiwa. Negara ini merdeka pada 1 Januari 1984 dengan bahasa resmi melayu dan mata uang Dollar Brunei.

7. Vietnam

Vietnam juga merupakan salah satu negara ASEAN, negara tersebut masuk ASEAN pada tanggal 28 Juli 1995. Negara yang beribukota di Hanoi ini memiliki luas wilayah 1/3 juta jiwa dengan jumlah penduduk lebih dari 93 juta jiwa. Negara yang merdeka pada tanggal 2 September 1945 dari negara Perancis ini memiliki bahasa resminya sendiri yaitu Bahasa Vietnam dan mata uangnya adalah Dong.

8. Laos

Laos merupakan negara dikawasan Asia Tenggara yang masuk kedalam keanggotaan ASEAN pada 23 Juli 1997. Negara yang beribukota di Kota Vientiene ini memiliki luas wilayah kurang lebih 230 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk lebih dari 6,8 juta jiwa. Negara yang merdeka dari tangan Prancis pada 19 Juli 1949 ini berbahasa resmi Lao dan mata uang resminya adalah Kip Laos.

9. Myanmar

Sama seperti negara Laos, negara Myanmar juga masuk menjadi anggota ASEAN pada tanggal yang sama yaitu 23 Juli 1997. Negara yang saat ini beribukota di Naypyidaw ini memiliki luas wilayah kurang lebih 2/3 juta jiwa dan jumlah penduduk hampir 60 juta jiwa. Negara yang merdeka pada 4 Januari 1948 dari Inggris ini berbahasa resmi Myanmar dan memiliki mata uang Kyat Myanmar.

10. Kamboja

Kamboja merupakan negara dikawasan Asia Tenggara yang resmi manjadi anggota ASEAN pada tanggal 30 April 1999. Negara yang beribukota di Phnom Phen ini memiliki luas wilayah hampir 1/5 juta kilometer persegi dan jumlah penduduk lebih dari 15 juta jiwa. Negara yang merdeka pada tanggal 9 November 1953 ini memiliki bahasa resmi Khmer dan mata uangnya adalah Riel Kamboja.

Negara ASEAN Mana Yang Ingin Kamu Kunjungi?

Artikel Lainnya : Latar Belakang dan Sejarah ASEAN

Nah itulah penjelasan singkat mengenai profil negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara yang termasuk dalam anggota ASEAN. Semoga tulisan yang ringkas ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kamu semua seputar ASEAN, terima kasih atas kunjungannya para pembaca yang budiman.

2 komentar: