Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Daftar Nama Pakaian Adat Tradisional Daerah di Indonesia

Pakaian adat tradisional di Indonesia begitu banyak dan beragam, ini merupakan nilai-nilai budaya Indonesia yang tak ternilai harganya yang seharusnya kita jaga dan lestarikan karena kalau bukan kita yang menjaga dan melestarikannya lantas mau siapa lagi? Jangan sampai kita menjadi care atau peduli ketika budaya-budaya kita diklaim oleh negara lain. Dan inilah daftar nama pakaian adat tradisional Indonesia dari seluruh wilayah dinusantara, silahkan disimak baik-baik:

Pakaian Adat Tradisional Daerah di Indonesia
Source : https://www.flickr.com/photos/laemba/5891344141/

Ketahuilah bahwa negara ini amatlah kaya, tidak hanya sumber daya alamnya saja, melainkan juga nilai-nilai budayanya yang begitu luhur, salah satu diantaranya adalah pakaian adat tradisionalnya. Tiap-tiap provinsi tentulah memiliki pakaian khas daerahnya masing-masing, bahkan ada dalam satu provinsi yang memiliki dua, tiga bahkan lebih. Dan ini adalah kekayaan budaya kita sesungguhnya.
"Untuk itu mari kita jaga dan lestarikan budaya asli Indonesia"

Pakaian Adat Tradisional Indonesia

Inilah Nama-nama Pakaian Adat Tradisional Daerah di Indonesia

  1. Pakaian adat dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam adalah Ulee Balang, konon katanya dahulu pakaian ini hanya dipakai untuk kalangan kerajaan saja, namun saat ini setiap orang bisa menggunakannya.
  2. Pakaian adat dari Provinsi Sumatera Utara adalah Ulos, pakaian atau kain Ulos tidak hanya dikenal didaerah Sumatera Utara, melainkan juga nasional.
  3. Pakaian adat dari Provinsi Sumatera Barat adalah Pakaian Penghulu dan Bundo Kandung, pakaian tradisional penduduk asli daerah Minangkabau.
  4. Pakaian adat dari Provinsi Riau adalah Pakaian Adat Tradisional Melayu, pakaian ini umumnya terbagi menjadi 3 pakaian menurut daerahnya seperti Siak Riau, Indragiri, dan Bengkalis Riau.
  5. Pakaian adat dari Provinsi Kepulauan Riau adalah Pakaian Adat Tradisional Melayu, sama seperti pakaian asli dari Provinsi Riau (daratan).
  6. Pakaian adat dari Provinsi Jambi adalah Pakaian Adat Melayu, sama seperti sebagian besar pakaian adat yang ada di Pulau Sumatera.
  7. Pakaian adat dari Provinsi Sumatera Selatan adalah Aesan Gede, konon katanya pakaian adat asli Sumatera Selatan ini terinspirasi dari zaman Kerajaan Sriwijaya yang pernah berjaya dibumi Sematera Selatan tersebut.
  8. Pakaian adat dari Provinsi Bangka Belitung adalah Paksian, pakaian ini amat mirip dengan pakaian Aesan Gede dari Sumatera Selatan.
  9. Pakaian adat dari Provinsi Bengkulu sama seperti pakaian adat dari daerah Sumatera lainnya, antara pakaian pria dan wanita tidak terlihat perbedaan yang mencolokok, kekhasannya ada pada aksesoris yang berupa logam.
  10. Pakaian adat dari Provinsi Lampung adalah Pakaian Tulang Bawang, pakaian asli Lampung ini memiliki perbedaan antara pakaian yang digunakan didaerah pesisir dan pakaian yang digunakan didaerah daratan.
  11. Pakaian adat dari Provinsi DKI Jakarta adalah Pakaian Betawi, pakaian ini mendapat mengaruh (khusunya pada corak) dari berbagai macam daerah bahkan bangsa seperti Arab, Cina, Melayu, dan budaya barat.
  12. Pakaian adat dari Provinsi Jawa Barat adalah Kebaya, secara umum pakaian ini lebih sering digunakan oleh wanita ketimbang pria.
  13. Pakaian adat dari Provinsi Banten adalah Pakaian Adat Pangsi, pakaian ini sering dikenakan Suku Baduy (Suku di Banten) dalam kesehariannya.
  14. Pakaian adat dari Provinsi Jawa Tengah adalah Pakaian Kebaya, pakaian mirip dengan pakaian Kebaya dari yang ada di Provinsi Jawa Barat.
  15. Pakaian adat dari Provinsi DI Yogyakarta adalah Pakaian Adat Tradisional Kesatrian, kita sering melihatnya ketika ada acara dikerajaan.
  16. Pakaian adat dari Provinsi Jawa Timur adalah Pesa'an, ini merupakan pakaian asli Jawa Timur yang berasal dari daerah Madura dan sekitarnya.
  17. Pakaian adat dari Provinsi Bali itu bervariasi, namun kalau kita melihatnya selintas saja maka akan nampak terlihat sama. Secara umum pakaian ini memiliki banyak sekali aksesoris, ornamen yang memiliki nilai dan makna.
  18. Pakaian adat dari Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah Pakaian Adat Lombok, pakaian ini nampak simple namun sarat makna tentunya.
  19. Pakaian adat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur begitu unik dan menarik. Untuk prianya menggunakan Ti'langga (aksesoris) sedangkan untuk wanitanya menggunakan kebaya (atas) pendek dan juga kain tenun (bawah).
  20. Pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Barat adalah Pakaian Adat Perang, pakaian ini begitu unik seperti layaknya pakaian perang. Konon katanya pakaian ini sudah lama dipakai masyarakat disana dan berbahan dasar kulit kayu (pada umumnya adalah kulit kayu kapuo dan ampuro).
  21. Pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Tengah hampir sama seperti pakaian adat Perang yang berasar dari provinsi tetangganya yaitu Kalimantan Barat.
  22. Pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Selatan terdiri dari tempat macam yaitu Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut, Pengantin Baamar Galung Pancar Matahari, Pengantin Babaju Kun Galung Pacinan dan Pengantin Babaju Kubaya Panjang (semuanya adalah pakaian adat Suku Banjar).
  23. Pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Timur memiliki kemiripan dengan hampir seluruh pakain adat dari wilayah Kalimantan, pakaian adat ini digunakan untuk acara-acara tertentu seperti perkawinan, upacara, tarian, dan acara-acara besar lainnya yang diselengarakan di Kalimantan Timur.
  24. Pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Utara adalah Kulavi (Donggala), pakaian adat dari provinsi termuda (saat ditulis artikel ini, Kalimantan Utara adalah Provinsi termuda) di Indonesia begitu unik namun cukup simple.
  25. Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Utara begitu banyak dan beragam, tiap-tiap daerah di Sulawesi Utara memiliki pakaian adatnya masing-masing, bahkan dalam satu daerah ada yang memiliki 7 pakaian adat.
  26. Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Tengah adalah Pakaian Adat Tradisional Nggembe yang digunakan para remaja (putri) saat acara pesta.
  27. Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Selatan adalah Pakaian Adat Tradisional Bodo, pakaian adat ini begitu terkenal hingga ke nasional.
  28. Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Tenggara adalah Pakaian Adat Suku Tolaki, salah satu suku terbesar yang berada diwilayah tersebut.
  29. Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Barat adalah Lipa Saqbe Mandar atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah Sarung Sutra Mandar.
  30. Pakaian adat dari Provinsi Gorontalo adalah Biliu (pakaian pengantin putri) dan Mukuta (pakaian pengantin putra) yang pada umumnya digunakan untuk acara pernikahan atau perkawinan. Pada umumnya terdiri dari tiga warna yaitu warna ungu, warna kuning keemasan dan juga warna hijau.
  31. Pakaian adat dari Provinsi Maluku adalah baju cele, pada umumnya pakaian asli Maluku ini bermotif garis-garis geometris atau kotak-kotak.
  32. Pakaian adat dari Provinsi Maluku Utara adalah Pakaian Manteren Lamo (Sultan), pakaian ini terbilang cukup simple namun tetap elegan.
  33. Pakaian adat dari Provinsi Papua Barat adalah Pakaian Adat Tradisional Ewer, pakaian daerah Papua Barat ini memiliki kesamanan dengan Papua.
  34. Pakaian adat dari Provinsi Papua hampir sama seluruhnya (disetiap daerah di Papua), keunikannnya terdapat pada hiasan atau aksesorisnya.
Setelah kita melihat begitu banyak dan beragamnya pakaian adat tradisiona di Indonesia, semoga semakin meningkatkan kecintaan kita kepada Indonesia karena kita merupakan bangsa yang kaya tidak hanya karena sumber daya alamnya saja melainkan juga karena nilai-nilai budayanya.

Baju Pangsi Berasal dari Daerah? Inilah Jawabannya

Baju Pangsi merupakan salah satu pakaian adat dari Indonesia tepatnya dari Provinsi Banten yang merupakan salah satu daerah Sunda.

Dari Nama-nama Pakaian Adat Tradisional Daerah di Indonesia Diatas, Mana Yang Merupakan Pakaian Adat Daerahmu?

Nah itulah pembahasan singkat mengenai daftar nama pakaian adat tradisional daerah ditiap-tiap provinsi di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dari Miangas hingga Pulau Rote. Indonesia merupakan negara yang kaya akan unsur-unsur budaya, dari pakaian adat saja kita memilikinya yang begitu beranekaragam dan bervariatif. Untuk kita kita harus bisa menjaga dan melestarikan budaya-budaya lokal ini agar tidak semakin dimakan zaman. Sekian penjelasan singkatnya semoga bisa bermanfaat untuk kamu semua para pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar