Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

10 Nama-nama Laut dan Lautan di Indonesia Beserta Letaknya

Laut atau lautan di Indonesia ada banyak, namun dari sekian banyak laut atau lautan tersebut tentu kamu tidak asing dengan nama Laut Jawa. Laut Jawa letaknya berada di utara Pulau Jawa dan laut ini merupakan lalu lintas bagi pelayaran dan perdagangan karena hampir semua dermaga yang ada di Pulau Jawa Berada diwilayah Utara seperti Tanjung Priuk yang ada di Kota Jakarta bagian utara, Tanjung Emas yang ada diutara Kota Semarang dan Tanjung Perak yang ada dikota Surabaya sebelah utara. Dan tulisan yang satu ini mengenai nama-nama laut dan lautan di Indonesia beserta dengan letaknya, simaklah tulisan berikut ini

Laut dan Lautan di Indonesia
Source : https://www.flickr.com/photos/90321989@N03/8206782019/

Mengenal Lautan Lebih Jauh

Pengertian Laut 

Sebelum kita melihat nama-nama laut atau lautan di Indonesia berdasarkan letaknya, ada baiknya untuk kita mengenal lebih jauh mengenai laut dan lautan. Laut diartikan sebagai bagian yang berada dipermukaan bumi yang tertutup air dan memiliki salinitas yang tinggi. Laut menghubungkan antara dua wilayah daratan seperti pulau dengan pulau, negara dengan negara bahkan benua dengan benua.

Pengertian Laut Menurut Wikipedia

Pengertian laut menurut situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia adalah kumpulan air asin yang begitu banyak dan luas yang menghubungkan antara dua atau lebih daratan baik itu pulau, negara maupun benua. Menurut sejarah laut atau lautan terbentuk 4,4 miliar tahun yang lalu, jauh sebelum ada turun ke bumi.

Baca Juga : Mengenali Jumlah Provinsi di Indonesia

Nama-nama Laut dan Lautan di Indonesia 

Nama-nama Laut dan Lautan di Indonesia Beserta Letaknya

Perlu diketahui bahwasannya Indonesia memiliki 10 laut atau lautan, satu berupa lautan dan sembilan lainnya adalah laut. Dan inilah nama-nama laut atau lautan yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke:
  1. Laut Arafura terletak disebelah selatan Kepulauan Aru
  2. Laut Banda terletak disebelah selatan Pulau Seram
  3. Laut Flores terletak disebelah utara Pulau Flores
  4. Lautan Indonesia terletak disebelah selatan Pulau Sumatra dan Pulau Jawa
  5. Laut Jawa terletak disebelah utara Pulau Jawa
  6. Laut Maluku terletak disebelah barat Pulau Halmahera
  7. Laut Sawu terletak disebelah selatan Pulau Flores
  8. Laut Seram terletak disebelah utara Pulau Seram
  9. Laut Sulawesi terletak disebelah utara Pulau Sulawesi
  10. Laut Timor terletak disebelah timur Pulau Timor

Kesimpulan Mengenai Laut atau Lautan di Indonesia

Setelah kita melihat nama-nama laut atau lautan di Indonesia, tentu kita menyadari bahwasannya kita memiliki banyak sekali laut atau lautan. Hal tersebut merupakan sebuah potensi besar yang harus kita optimalkan guna mendatangkan devisa negara yang akhirnya digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat. Tentu besar harapan kami semua selaku warga negara Indonesia agar sumber-sumber kelautan kita digunanakan dengan sebaik-baiknya.

Artikel Lainnya : 8 Provinsi Baru di Indonesia

Nah itulah penjelasan singkat mengenai nama-nama laut atau lautan di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dari Miangas hingga Pulau Rote. Tulisan ini juga menjelaskan secara ringkas pengertian dari laut atau lautan secara umum dan juga menurut situs ensiklopedia online Wikipedia. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan dan kecintaan kamu terhadap Indonesia.

2 komentar: